Kamis, 25/04/2024 14:07 WIB

Mendes Dorong Desa Kembangkan Embung jadi Destinasi Wisata

Setiap desa yang telah memiliki embung desa bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo (Foto:Humadesa)

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mendorong setiap desa yang telah memiliki embung desa bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

"Nantinya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mengelola embung yang sudah terbangun itu. Nanti kita juga akan siapkan bantuan insentif kepada BUMDes yang mengelola embung," katanya.

Selain diberikan bantuan dana kepada BUMDes, nantinya setiap embung yang sudah selesai pembangunannya akan diberikan bibit ikan gratis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain itu, BUMDes juga akan diberikan pompa air secara gratis dari Kementerian Pertanian (Kementan).

"Setiap embung yang jadi nanti akan dikasih bibit ikan dan pompa air gratis. Pemberian itu merupakan bantuan kepada BUMDes untuk membuat destinasi wisata," katanya.

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan manfaat embung selain pemerataan ekonomi, yakni untuk mengurangi stunting atau kekurangan gizi pada anak. Dengan adanya embung, desa dapat memproduksi ikan yang kaya akan protein.

"Ikannya diharapkan dibagikan gratis kepada anak-anak miskin agar bisa mengurangi stunting. Dalam tiga tahun terakhir, kita sudah bisa mengurangi 10 persen stunting. Kita harapkan dengan adanya ikan yang menghasilkan protein dapat mengurangi stunting lebih cepat lagi," lanjutnya.

Di sisi lain, Eko juga mengatakan pelaksanaan pembangunan embung sudah sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Tidak hanya itu, pelaksanan pembangunannya pun melibatkan masyarakat dengan mendapatkan upah.

"Di dalam pengerjaan embungnya dipakai tenaga kerja dari masyarakat. Masyarakat bisa mendapatkan upah karena mereka dibayar secara mingguan sehingga bisa meningkatkan daya beli di desanya," kata dia.

KEYWORD :

Info Kemendes Embung Eko Putro Sandjojo BUMDes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :