Kamis, 22/11/2018 01:11 WIB

Sering Sibuk? Coba Berolahraga dengan Cara Ini

Kesibukan tak jarang menjadi alasan seseorang jarang berolahraga. Padahal, kalori yang ada di dalam tubuh harus dibakar

Ilustrasi berlari (foto: Google)

Jakarta – Kesibukan tak jarang menjadi alasan seseorang jarang berolahraga. Padahal, kalori yang ada di dalam tubuh harus dibakar secara rutin, guna menghindari penumpukan lemak alias obesitas.

Salah kaprah jika berasumsi bahwa olahraga harus ke lapangan atau berlari keliling taman. Vice President Worldwide Sports Performance & Fitness Herbalife Samantha Clayton menyebut ada cara berolahraga yang sederhana, namun tak sampai menyita waktu bekerja.

Seperti apa?

Pertama, harus ada komitmen untuk berolahraga selama 30 menit sehari dan lima hari dalam satu minggu. Ini adalah jumlah minimum, dan masih bisa ditambah porsinya, sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu.

“30 menit per hari dan lima hari dalam seminggu cara terbaik untuk menua dengan sehat, dan membangun otot. Ini adalah jumlah minimum,” kata Samantha dalam acara ‘Media Briefing: Asia Pacific Breakfast Survey 2018’, di Hotel Mulya Senayan, Jakarta, pada Rabu (18/4).

30 menit ini pun tak harus dilakukan dalam satu waktu dan satu tempat. Samantha menyarankan 30 menit bisa dibagi dalam tiga waktu.

“Bisa dibagi per hari di tempat yang tidak sama. Di kursi, misalnya, sambil mengangkat perut,” terang pelatih Cristiano Ronaldo tersebut kepada awak media.

Kedua, harus berani keluar dari zona nyaman. Jika setiap hari selalu menggunakan elevator, maka cobalah untuk membiasakan diri naik tangga. Olahraga ‘colongan’ ini dapat membantu membakar kalori, serta meningkatkan produksi hormon serotonin dan endorfin.

“Coba parkir di tempat yang menurut Anda paling jauh. Dengan begitu Anda bisa berolahraga dengan jalan kaki,” katanya.

Ketiga, memanfaatkan internet. Di platform video YouTube, sudah banyak tips berolahraga ringan yang bisa dilakukan sambil bekerja, atau ketika sedang bersantai di rumah. Di antaranya sit up, squat jump, atau fitnes.

TAGS : Kesehatan Tips Olahraga Gaya Hidup




TERPOPULER :