Kamis, 25/04/2024 05:17 WIB

Rumah Zakat Targetkan 1.234 Desa Berdaya

Hal itu dilakukan guna memperbaiki kualitas hidup individu dan komunitas masyarakat.

Laman SharingHappiness

Jakarta - Rumah Zakat menargetkan pembinaan terhadap 1.234 desa berdaya di seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan guna memperbaiki kualitas hidup individu dan komunitas masyarakat.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi memaparkan, hingga pertengahan April 2018, Rumah Zakat telah membina 1.118 desa berdaya di 191 kabupaten dan kota di Indonesia. Jumlah tersebut dia harapkan bisa meningkat, seiring inisiatif dan kegigihan para fasilitator.

"Untuk merealisasikan hal ini kami harus bermitra dengan berbagai stakeholder lokal hingga nasional," terang Efendi di Jakarta, Selasa (17/4).

Salah satu fasilitator yang tergolong sukses, kata Efendi, yakni Hikmah Fitria. Fasilitator asal Desa Purworejo, Kendal, Jawa Tengah itu memberdayakan tenaga migran supaya mereka punya keterampilan dan tidak membuat mereka kembali lagi ke luar negeri.

"Kami terjun ke lapangan untuk menggali purna pekerja migran, dengan memberikan pelatihan seperti pengolahan makanan dari jagung, ikan, dan buah. Selain itu juga melatih kerajinan tangan," tutur Hikmah.

Perlu diketahui, program desa berdaya adalah pemberdayaan wilayah berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.

SharingHappiness Versi 3.0 Beri Kemudahan Berbagi

Sepanjang 2017, Rumah Zakat membukukan lebih dari 217.000 donatur, dengan porsi 38% donasi dilakukan saat Ramadhan. Dan dari total donasi ini, 77% donasi dilakukan secara cashless atau non tunai.

"15% donasi cashless 2017 dilakukan melalui platform SharingHappiness,” papar Efendu.

"Karena itu, kami luncurkan fitur kemudahan berbagi melalui SharingHappiness 3.0 pada Ramadhan kali ini. Insya Allah, akan semakin banyak masyarakat dan desa berdaya yang bisa terbantu,” ujar Efendi.

Menurut Efendi, tingkat penghimpunan donasi melalu SharingHappines meningkat hingga hampir 130% sejak diluncurkan.

Sehingga total laman SharingHappiness telah menghimpun Rp24miliar dari 25.000 donatur dan berhasil mendanai 280 projek sosial hingga Maret 2018.

KEYWORD :

Rumah Zakat Desa Berdaya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :