Rabu, 24/04/2024 20:24 WIB

Desa Butuh Tenaga Siap Pakai dari Alumni Perguruan Tinggi

Kemendes PDTT siap memfasilitasi sejumlah perusahaan dan perbankan baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat menyerap seluruh tenaga alumni dari sejumlah perguruan tinggi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo (Foto: Humasmendes)

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, para alumni perguruan tinggi di seluruh indonesia berpeluang untuk menjadi tenaga siap pakai yang diperlukan dalam pembangunan desa.

"Pemerintah saat ini tengah membangun infrastruktur yang sangat masiv dan sangat besar di seluruh indonesia. Seperti pembangunan jalan tol, jembatan, saluran irigasi, bendungan dan lain-lain. Pembangunan itu membutuhkan tenaga siap pakai seperti dari jurusan teknik sipil," kata Mendes Eko.

Menurutnya, Kemendes PDTT siap memfasilitasi sejumlah perusahaan dan perbankan baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat menyerap seluruh tenaga alumni dari sejumlah perguruan tinggi yang memiliki keahlian terutama dalam membangun desa.

"Dengan adanya sejumlah peluang yang ada, mudah-mudahann mereka bisa langsung menangkap peluang itu. kita akan bantu melinkkan dengan dunia usaha dan bumn supaya keahlian para alumni bisa langsung diserap," katanya.

Lebih lanjut Eko mengatakan, pemerintah sudah memiliki program perguruan tinggi untuk desa (Pertides) yang tugasnya untuk menseleksi pendamping desa dan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.

Sejauh ini, Pendamping desa sudah diserahkan untuk pemilihannya ke provinsi yang bekerjasama dengan perguruan tinggi. Bukan hanya menyeleksi, tapi juga bisa memanfaatkan tenaga-tenaga dari universitas untuk menjadi pendamping desa.

Sedangkan untuk program KKN tematik, Pertides tahun lalu telah mengirimkan lebih dari 75 ribu untuk melakukan KKN tematik diberbagai daerah di seluruh Indonesia untuk membantu membuat jembatan, saluran irigasi, administrasi desa dan lain-lain.

"Dengan adanya peran dari pertides diharapkan dapat mengubah status desa sangat tertinggal atau tertinggal menjadi desa berkembang atau desa berkembang menjadi desa mandiri," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :