Selasa, 20/11/2018 04:43 WIB

Lindungi Keluarga dari Diabetes dengan Cara Berikut

Orangtua memegang peranan penting dalam melindungi keluarga dari diabetes.

Ilustrasi sarapan sehat bersama keluarga.(Foto : Google)

Jakarta - Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Untuk itu perlu dicegah sejak dini, sebab diabetes sangat mungkin diwariskan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Hal ini tidak terbatas oleh faktor genetik, tetapi juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat.

"Olehnya itu, keluarga memegang peranan penting dalam upaya pencegahan diabetes dengan menjaga asupan nutrisi serta mendorong anak untuk bergerak aktif setiap hari," jelas dr. Anung Sugihantono, M.Kes Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, Jumat (13/4).

Orang yang hidup dengan diabetes tipe 2 memiliki gejala yang begitu ringan. Penderita tidak akan menyadari kondisi kesehatannya tengah terganggu dalam jangka waktu yang lama, sehingga penyakit ini pun cenderung terabaikan.

Namun penyakit diabetes tipe 2 akan diam-diam merusak fungsi berbagai organ tubuh dan menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti penyakit kardiovaskular, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi anggota tubuh bagian bawah.

"Diabetes yang tidak ditanggulangi segera dapat menyebabkan penurunan produktivitas, disabilitas dan kematian dini," jelas dr. Asjikin.

Orangtua memegang peranan penting dalam melindungi keluarga dari diabetes. Orangtua sebaiknya memperhatikan faktor gaya hidup tidak sehat yang menjadi pemicu diabetes tipe 2 antara Iain jumlah asupan energi yang berlebih, kebiasaan mengonsumsi jenis makanan dengan kepadatan energi yang tinggi (tinggi lemak dan gula, kurang serat).

Selain itu juga harus diperhatikan jadwal makan tidak teratur, tidak sarapan, kebiasaan mengemil, teknik pengolahan makanan yang salah (banyak menggunakan minyak, gula dan santan kental), serta kurangnya aktivitas fisik yang diakibatkan kemajuan teknologi dan tersedianya berbagai fasilitas yang memberikan berbagai kemudahan bagi sebagian besar masyarakat.

Untuk melindung keluarga dari diabetes tipe 2, berikut adalah yang dapat dilakukan :
- Tidak makan sambil menonton TV
- Batasi penggunaan gawai
- Perbanyak aktivitas di luar ruangan
- Biasakan makan dengan keluarga
- Biasakan sarapan sehat
- Biasakan membawa bekal makanan sehat dan air putih dari rumah
- Batasi konsumsi makanan siap saji dan pangan olahan jajanan, dan makanan selingan manis, asin, dan berlemak
- Perbanyak konsumsi sayur dan buah
- Tidak merokok dan minum minuman beralkohol - Hindari konsumsi minuman ringan dan bersoda.

TAGS : Diabetes penyakit tidak menular CERDIK gaya hidup




TERPOPULER :