Jum'at, 19/04/2024 01:46 WIB

Bawang Merah dan Cabai dari Jawa Tengah siap Penuhi Lapak Jakarta

Suwandi menegaskan  kesiapan pertanaman kami cek dan pantau ke Jawa Tengah siap memasok ke Jakarta, diantaranya dari Brebes,  Demak, Pati  Grobogan, Magelang dan lainnya.

irektur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengecek kesiapan produksi bawang merah dan cabai di Jawa Tengah, Kamis (12/4)

Jakarta -  Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengecek kesiapan produksi bawang merah dan cabai di Jawa Tengah, Kamis (12/4). Kunjungan itu menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian (Menta) Andi Amran Sulaiman yakni memastikan pasokan bawang merah dan cabai ke DKI Jakarta pada Ramadan dan Idul Fitri 2018.

"Kebutuhan cabai selama bulan Ramadhan hingga Lebaran di DKI Jakarta yakni Mei-Juni 2018 untuk bawang merah sekitar 122 ton perhari dan aneka cabai berkisar 100 ton perhari.  Kebutuhan ini akan dipasok terutama dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur," terang Suwandi.

Suwandi menegaskan  kesiapan pertanaman kami cek dan pantau ke Jawa Tengah siap memasok ke Jakarta, diantaranya dari Brebes,  Demak, Pati  Grobogan, Magelang dan lainnya.

Salah satu areal bawang merah ada di Demak dengan sebaran berada di beberapa Kecamatan Gajah, Mijen, Demak, Dempet, Wedung dan Karanganyar.

"Demak  luas panen bawang merah Mei 2018 nanti 1.279 hektar dengan hasil 9.713 ton atau setara 312 ton perhari. Ini termasuk produksi yang cukup tinggi," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak, Wibowo.

"Untuk cabai pada Mei nanti dipanen 105 hektare dengan produksi 239 ton setara pasokan delapan ton perhari," sambungnya.

Sementara itu di Grobogan juga sudah menyiapkan  pertanaman siap dipanen pada  Mei-Juni 2018 untuk bawang merah 173 hektare dan cabai 119 hektare.

"Dari luas panen tersebut Grobogan siap memasok bawang merah 25 ton perhari dan cabai 16 ton perhari," kata Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Imam Sudigdo.

"Disini bawang merah tersebar di Kecamatan Klambu, Penawangan, Ngangringan dan Tanggungharjo, produktivitas delapan hingga sembilan ton perhektare dan harga di petani bagus berkisar 20.000-24.000 perkg," Petani champion bawang merah Kabupaten Grobogan, Kurdi.

"Para petani champion se Jawa Tengah siap memasok ke DKI dan usul agar ada lapak lapak di pasar DKI," pintanya.

Di Kabupaten Blora juga terdapat sentra cabai.  Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, Puji Ariyanto mengatakan produktivitas bawang merah di Blora sepulu ton perhaktare dan siap memasok enam ton perhari.

"Sedangkan untuk cabai produktivitasnya sembilan ton perhektar dan siap pasok delapan ton perhari," terangnya.

KEYWORD :

Kementan DKI Cabai Bawang Ramadan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :