Sabtu, 20/04/2024 01:44 WIB

Pentingnya Mengolah Makanan untuk Gaya Hidup Sehat

Konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.

Ilustrasi makanan sehat yang dapat memperbaiki suasa hati.

Jakarta, Jurnas.fom-  Minuman sehat yang saat ini banyak digandrungi masyarakat adalah smoothie ataupun jus. Mengonsumsi smoothie dan jus ternyata dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dari buah dan juga sayuran. Hal ini juga merupakan salah satu strategi, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang memiliki anak, untuk mengolah buah dan sayuran dengan cara lebih praktis dan menyenangkan dibandingkan dengan menyajikannya secara langsung.

Meskipun negara ini menghasilkan aneka ragam sayur dan buah-buahan, konsumsi buah dan sayur masih belum sesuai dengan anjuran. Hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas) pada tahun 2010 menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Sementara data Riskesdas tahun 2013 menemukan sebanyak 93,5 persen penduduk berusia kurang dari 10 tahun mengonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah anjuran. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.

Dengan pengolahan yang tepat, buah dan sayuran, merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan asupan bagi tubuh kita.

mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk smoothie atau jus membantu kita dalam mencukupi kebutuhan serat dan vitamin untuk tubuh, sehingga membantu kita menerapkan gaya hidup sehat dengan cara praktis.

supaya dan jus yang dikonsumsi lebih bermanfaat bagi tubuh, kita perlu mengetahui jenis-jenis dan kandungan buah atau sayuran apa yang cocok untuk dikonsumsi dalam bentuk smoothie maupun jus. Dengan begitu kita bisa berkreasi membuat paduan buah dan sayur untuk menghindari rasa bosan.

Mengenai konsumsi buah dan sayur yang praktis, Dellie Threesyadinda, atlet cabang olahraga panahan, mengatakan, bagi seorang atlet, menerapkan gaya hidup sehat merupakan suatu keharusan, terlebih lagi saat menjelang pertandingan.

Selain menjaga fisik dengan latihan cardio, jogging dan mengonsumsi vitamin, jenis dan banyaknya asupan juga memegang peran penting bagi saya dalam menjaga stamina agar tetap sehat dan bugar, serta mempercepat masa recovery. Dari kecil saya suka mengonsumsi jus atau smoothie, karena enak, praktis dan tidak membosankan.

KEYWORD :

Gizi Sehat Konsumsi Sayur Gaya Hidup




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :