Rabu, 12/12/2018 14:28 WIB

9 Fakta Mengejutkan Tentang Ciuman

Selain meningkatkan hormon kebahagiaan, ternyata ciuman mempunyai perjalanan di masa lalu.

Ilustrasi ciuman

Jakarta - Ciuman umumnya menandakan cinta dan kasih sayang. Sehingga bagi sebagian besar orang ciuman bisa menjadi sangat menyenangkan. Tapi ternyata ciuman lebih dari sekedar hal menyenangkan untuk dilakukan dengan seseorang yang Anda suka. Ada juga beberapa manfaat mengejutkan perlu diketahui.

Dilansir dari laman cosmopolitan berikut sembilan fakta mengejutkan tentang ciuman.

1. Menentukan kompatibilitas
Anda mungkin berpikir bahwa ciuman yang buruk hanyalah teknik yang buruk tetapi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford , informasi kimia yang dipertukarkan ketika berciuman merupakan indikator kompatibilitas reproduksi. Jadi jika Anda mencium seseorang dan setelah itu merasa sedikit kewalahan, mungkin saja Anda bukan pasangan genetik yang baik.

2. Membuat perempuan lebih cenderung untuk orgasme
Satu penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak menggunakan foreplay (ciuman mendalam) dan juga lebih cenderung untuk berciuman dengan mesra pasca-seks, ditemukan lebih memuaskan secara seksual.

3. Menggambarkan kecepatan metabolisme
Ini mungkin tidak seberat lari 5 km, tetapi ciuman dapat melipatgandakan kecepatan metabolisme Anda. Mencium membakar dua kalori per menit (dibandingkan dengan satu per menit pada tingkat istirahat), sementara sesi yang sangat bergairah dapat membakar hingga enam kalori per menit.

4. Dapat membangun sistem kekebalan tubuh
Anda mentransfer antara 10 juta hingga 1 miliar bakteri ketika Anda mencium seseorang. Yang mengatakan, jika orang yang Anda cium memiliki pilek biasa, Anda lebih mungkin terkena demam dengan menggoyangkan tangan mereka daripada dengan menukar air liur dengan mereka. Sebenarnya, berciuman membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat Anda saling bertukar bakteri yang berbeda satu sama lain memungkinkan untuk lebih baik melawan infeksi di masa depan.

5. Anda bisa belajar berciuman
Selama bertahun-tahun, orang telah mempelajari ilmu di balik mengapa kita berciuman, dengan banyak perdebatan, apakah itu perilaku terpelajar atau naluriah (karena beberapa budaya tidak berciuman). Sehingga muncullah study atau yang dikenal sebagai philematologi, diberikan kata-katanya sendiri.

6. Bibir lebih sensitif daripada klitoris
Bibir Anda sangat sensitif, faktanya mereka 100 kali lebih sensitif daripada ujung jari, dengan sekitar 10.000 ujung saraf. Itu lebih dari 8.000 di klitoris Anda. Mengapa kita tidak orgasme melalui mulut kita?

7. Disegel dengan ciuman
Di Roma kuno, orang akan mencium ketika mereka mencapai kesepakatan dan secara efektif menyegel kontrak. Di Abad pertengahan, ketika banyak orang tidak bisa membaca dan menulis, untuk menandatangani kontrak orang-orang akan menandatangani dengan X, dan kemudian akan mencium X yang mereka buat untuk menyegel kontrak.

8. Ciuman pernah dilarang di Inggris
Pada 1439, Henry VI mengeluarkan larangan berciuman karena wabah penyakit. Berciuman adalah bagian besar dari ritual keagamaan dan kebiasaan untuk menyapa orang lain saat itu dan, karena tidak ada kesadaran teori kuman pada saat itu, ia percaya bahwa melarang kontak ini akan menghentikan penyebaran penyakit.

9. Membahagiakan
Menurut ilmu pengetahuan, berciuman mampu melepaskan hormon kebahagiaan seperti dopamine, oksitosin, dan serotonin. Yang kemudian merangsang pusat kesenangan di dalam otak kita sehingga memberi Anda sensasi menyenangkan.

TAGS : Fakta Ciuman Sehat Bakteri Pasangan Bahagia




TERPOPULER :