Rabu, 24/04/2024 12:52 WIB

Jangan Menikah Jika Pasangan Anda Melakukan 5 Hal Ini

Bagi pasangan yang sudah bertunangan, ada hal yang penting Anda lakukan tinimbang hanya merencanakan teknis pernikahan.

Ilustrasi menikah muda (foto: vixendaily)

Jakarta - Ada hal penting yang seringkali luput diperhatikan bagi pasangan yang baru saja bertunangan. Padahal hal ini penting sebelum Anda memulai kehidupan baru, bukan saat Anda telah berjalan di lorong bernama rumah tangga

Daripada menghabiskan semua waktu dan energi Anda hanya untuk merencanakan pernikahan secara teknis, pikirkan juga kemantapan hati Anda dalam menerima pasangan. Orang yang Anda akan berbagi segalanya dengannya. Terutama jika Anda ragu apakah Anda ingin memasuki kehidupan dengan orang yang Anda cintai.

Di bawah ini, terapis perkawinan mengungkapkan perilaku yang cukup serius untuk menjamin penundaan pernikahan sampai Anda dan pasangan bisa menyelesaikan masalah. Dan jika hal ini masih belum membaik, mungkin perlu mengevaluasi kembali hubungan Anda.

1. Pasangan sering memilih hal lain dibanding Anda

Apakah pasangan Anda membatalkan rencana dengan Anda ketika sesuatu yang lebih baik muncul dengan teman-temannya? Atau mungkin dia menerima panggilan kerja yang tidak mendesak saat Anda berdua sedang makan malam merayakan ulang tahun Anda?

Jika demikian, mungkin itu pertanda bahwa pasangan Anda tidak memprioritaskan Anda dan hubungan Anda. "Orang menikah karena banyak alasan, dan itu tidak selalu karena cinta," kata terapis perkawinan dan keluarga Aaron Anderson.

Pastikan Anda tidak menikahi seseorang yang menikahi Anda karena kemudahan. Pastikan mereka mengutamakan Anda.

2. Tidak berkomunikasi dengan baik.

Alih-alih memiliki percakapan yang produktif tentang topik yang rumit - seperti seks, masalah keluarga atau uang - pasangan Anda justru berdebat dengan Anda tentang hal itu atau menghindari diskusi sama sekali.

Sudah dikatakan berkali-kali, komunikasi benar-benar merupakan batu pijakan dari perkawinan yang kuat. Jika Anda tidak dapat berbicara dengan jujur tentang hal-hal yang sulit, Anda mungkin belum siap untuk menikah.

"Masalah-masalah yang berkembang ketika masalah lama tetap tidak terpecahkan dapat merusak hubungan Anda," Tina Tessina, psikoterapis dan rekan penulis How to Be a Couple dan Still Be Free.

"Buatlah kesepakatan untuk berbicara tentang apa pun yang tampaknya sulit: Anda perlu tahu seberapa baik Anda berdua dapat mendiskusikan hal-hal sulit yang akan muncul selama masa hidup bersama."

Dan jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk mendiskusikan hal-hal ini tanpa berubah menjadi pertengkaran hebat, mungkin akan bijaksana jika Anda berkonsultasi dengan terapis yang dapat membantu Anda berdua. “Jika hal itu tidak berhasil, hubungan Anda mungkin tak bisa dilanjutkan," kata Tessina.

3. Berkhianat

Perselingkuhan menurut beberapa orang terkadang bukan masalah yang sangat besar, tetapi tentu saja bisa membuat Anda ragu untuk menjalani pernikahan dengannya. Jika pasangan Anda benar-benar menyesal dan mau melakukan apa pun untuk meyakinkan Anda atas hal apa yang mendorong mereka untuk menjadi tidak setia pada Anda, itu pertanda baik.

Sebelum mengambil kesimpulan ada baiknya untuk melihat lebih dekat pada masalah mendasar apa pun dalam hubungan yang dapat berkontribusi pada perselingkuhan.

"Meskipun saya tidak setuju dengan pepatah, `Setelah penipu, selalu penipu,` selalu ada beberapa perubahan pola pikir dan perilaku penting yang diperlukan untuk mencegah perilaku ini terulang," kata Kurt Smith, seorang terapis yang berspesialisasi dalam konseling. "Perubahan baru ini harus dibuktikan sebelum menikah."

4. Tidak membicarakan soal intim

Sekilas mungkin Anda tidak nyaman, tapi membicarakan kehidupan seksual ketika menikah nanti adalah hal yang penting. Apakah pasangan Anda adalah orang yang terbuka diajak berdiskusi perihal apa yang Anda suka dan tidak sukai dalam kehidupan ranjang.

Jika pasangan Anda menolak untuk menanggapi masalah ini secara serius sekarang, sepertinya nanti bisa menimbulkan masalah baru saat Anda telah resmi menikahm

“Jika Anda merasa tidak nyaman mengatakannya sekarang, bayangkan apa yang akan terjadi beberapa tahun lagi,” kata Anderson. Seumur hidup adalah waktu yang lama untuk melakukan hubungan seks yang buruk. Perlu diingat, kata Anderson, hubungan seks tidak sehat bisa jadi penyebab perselingkuhan atau perceraian.

5. Berurusan dengan masalah kecanduan

Terdapat tiga hal kecanduan yang pasangan Anda lakukan seperti narkoba, alkohol, dan judi. Hal ini kembali pada keputusan Anda, jika memang Anda punya komitmen memulihkan dan menyembuhkannya, maka Anda harus bertahan.

Tetapi perlu diketahui, kecanduan yang tidak diobati dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada hubungan Anda nantinya. "Kecanduan tidak mudah atau cepat diselesaikan, untuk itu Anda harus memastikan dia akan berubah. Jika tidak pertimbangan ini bisa menjadi acuan Anda melanjutkan hubungan," kata Smith.

KEYWORD :

Menikah Pasutri Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :