Jum'at, 19/04/2024 16:42 WIB

Menteri Desa Anggap Program PKT Sejahterakan Desa

Selanjutnya, Menteri Eko mengatakan, Desa Citarik akan dikembangkan menjadi desa wisata yang ramah lingkungan.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi saat mengunjungi desa Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Sukabumi - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, agar pembangunan dengan dana desa melalui program Padat Karya Tunai (PKT) akan terus dilanjutkan. Pasalnya, banyak manfaatnya bagi kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Menteri Desa saat mendamping Presiden Joko Widodo yang meninjau pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) dana desa di Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/3).

Pelaksanaan proyek dana desa termin pertama tersebut, kata Menteri Eko,  digunakan untuk pembangunan tembok penahan tanah penunjang embung desa dan pembangunan pondok wisata. "Pak Jokowi kagum, kok biayanya bisa murah, padahal swakelola. Program ini harus benar-benar berkelanjutan jangan sampai putus, pesannya (Jokowi)," ujar Menteri Eko.

Menteri Eko melanjutkan, Presiden meminta program PKT terus dilanjutkan karena program tersebut dapat meningkatkan konsumsi dan daya beli masyarakat. Selain itu, program dengan skema tersebut juga dapat menyerap langsung tenaga kerja dari desa.
"Model seperti ini, yakni padat karya tunai, 30 persen dari nilai pekerjaannya wajib untuk membayar upah pekerja," ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Eko mengatakan, Desa Citarik akan dikembangkan menjadi desa wisata yang ramah lingkungan. Dengan adanya rumah pengolahan limbah yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera, kawasan desa yang awalnya kumuh dan mengganggu kesehatan masyarakat, kini semakin berbenah dan bersih.

"Citarik jalannya diperbaiki. Ada tempat pengelolaan sampah, dibangun resapan air, saung-saung supaya dikembangkan daerah wisata atau Geopark. Yang tadinya dari daerah kumuh, bisa jadi tempat wisata dengan pengembangan embungnya dan lain-lain," ujarnya.

Pengerjaan proyek dana desa di Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang dikunjungi Presiden Joko Widodo tersebut terdiri dari pembangunan tembok penahan tanah (penunjang embung) dengan panjang 92 meter dan pembangunan pondok wisata.

Untuk tembok penahan tanah, masyarakat desa menggunakan anggaran dana desa 2018 tahap I sebesar Rp 51.237.750. Dari jumlah tersebut dialokasikan untuk upah tenaga kerja sebesar Rp 18.265.000 atau 30 persen dari nilai pekerjaan. Dengan upah harian Rp80 ribu – Rp 100 ribu, waktu pengerjaan ditargetkan selama 25 hari.

Sedangkan untuk pembangunan pondok wisata 6 unit menghabiskan anggaran Rp. 89.060.000 dengan upah tenaga kerja Rp.28.299.000. Lama waktu pengerjaan pun ditargetkan 25 hari kerja.

Dalam kunjungan ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT Taufik Madjid.

KEYWORD :

Info Kemendes Menteri Desa Program Padat Karya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :