Kamis, 25/04/2024 23:09 WIB

Tak Sekadar Tren, Ini Persiapan Water Birth yang Harus Anda Tahu

Agar tak hanya jadi tren atau kekinian, ada baiknya persiapkan dulu proses persalinan dengan metode water birth.

Agar tak hanya jadi tren atau kekinian ada baiknya persiapkan dulu proses persalinan dengan metode water birth (Foto: Medical Daily)

Jakarta - Apakah pernah terlintas di pikiran Anda ingin melakukan persalinan dalam air? Jika ia, ketahui dahulu metode water birth lebih lanjut. Walaupun, sepertinya menawarkan kenyamanan yang lebih pada saat proses persalinan karena dilakukan di dalam air, tetapi water birth juga mempunyai berbagai risiko.

Selain itu, melakukan persalinan dengan metode yang tidak biasa membutuhkan persiapan yang lebih banyak. Terlebih lagi, rumah sakit yang menawarkan persalinan dengan metode water birth di Indonesia belum banyak.

Pada prinsipnya dengan menggunakan metode persalinan water birth tidak jauh berbeda dengan persalinan normal, yang membedakan adalah metodenya. Melakukan persalinan di dalam air dan dapat mengurangi rasa sakit dibanding dengan menggunakan persalinan yang dilakukan di atas tempat tidur.

Secara umum persiapan lain yang harus dipersiapkan oleh calon ibu tidak berbeda jauh dengan persiapan persalinan bagi ibu dan calon bayi yang dilahirkan secara normal. Situasi atau lingkungan yang kondusif bagi calon ibu selama persalinan water birth akan sangat mendukung keberhasilan program ini.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba persalinan water birth, persiapkan 4 hal ini dulu yuk:  

1. Perhatikan Kesehatan Ibu Hamil

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara intens. Kamu dapat bertanya dengan kondisi kesehatanmu menjelang persalinan sehingga dengan kemungkinan risiko kehamilan yang rendah akan membantu melancarkan persalinan.

2. Pentingnya Dukungan Suami dan Keluarga

Keyakinan dalam melakukan metode ini sangat penting selain itu dukungan dari suami sangat dibutuhkan misalnya saja ketika Kamu melakukan proses persalinan suami dapat melakukan pemijatan pada punggung untuk memberikan rasa nyaman dan rileks selama persalinan.

3. Jangan Lupa Konsultasi

Mendapatkan penanganan persalinan memang sangat dibutuhkan begitu juga bagi anda yang memutuskan persalinan di dalam air sebaiknya konsultasikan keinginanmu tersebut untuk mendapatkan fasilitas terbaik dalam mendukung persalinan. Memperhatikan kebersihan air kolam dan kolam persalinan sangat dibutuhkan, hal ini untuk menghindari kontaminasi yang menggangu kesehatan bayi.

4. Perhatikan Kondisi Bayi

Meskipun telah memiliki keyakinan untuk melakukan persalinan di dalam air dan memiliki kesehatan yang baik akan tetapi jika posisi janin sungsang maka tidak dapat dilakukan. Sehingga penting untuk anda menyiapkan data laboratorium sebagai syarat yang mutlak dalam memperhatikan kondisi kesehatan Kamu dan janin selama persiapan.

KEYWORD :

Water Birth persalinan ibu hamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :