Sabtu, 17/11/2018 01:13 WIB

Berapa Banyak Anda Konsumsi Garam Sehari?

Ketahui asupan garam untuk mencegah terkena hipertensi.

Jumlah konsumsi garam yang baik untuk tubuh adalah 3000 mg NaCL atau setara dengan setengah sendok garam (Foto: HSE Center)

Jakarta - Tahukah Anda konsumsi garam yang baik untuk tubuh adalah 3000 mg NaCL atau setara dengan setengah sendok garam per hari. Garam dapur yang merupakan jenis mineral penyebab rasa asin, dan sudah lazim terdapat di dapur, serta sering jadi bumbu abeka masakan adalah Natrium Klorida (NaCL).

Sebetulnya fungsinya bisa jadi baik, tapi jika berlebihan bisa menyebabkan berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan ginjal, merusak kerja mata, mengganggu kerja otak, hingga jadi faktor risiko penyakit jantung.
 
Untuk itu, penting mengetahui asupan garan yang cukup bisa sangat membantu Anda mengontrol dan mencegah hipertensi. Menurut Ahli Gizi dari Rumah Sakit Pertamina (RSPP) Titi Sekar Indah, jumlah konsumsi garam yang baik untuk tubuh adalah 3000 mg NaCL atau setara dengan setengah sendok garam per hari.

Namun, yang kerap jadi masalah hampir semua jenis makanan mengandung garam, sehingga jadi sulit untuk mengetahui secara pasti seberapa banyak garam yang sudah dikonsumsi. Menanggapi hal ini, Titi mengatakan cara paling mudah batasi konsumsi garam adalah tidak menyediakan garam di atas meja, dan mesti diberlakukan di seluruh rumah makan.

"Kampanye mengonsumsi garam secukupnya mesti dimulai, jangan biasakan menaruh garam di atas meja makan. Karena secara tidak sadar, hal itu otomatis memancing kita membubuhi makanan dengan tambahan garam," imbuhnya.

Kebiasan lain yang perlu dihindari adalah kegemaran masyarakat konsumsi ikan asin, saus, keripik, sampai berbagai makanan ringan. Bahkan, kecap, menurut Titi, memiliki kadar garam yang cukup tinggi meski rasanya manis.

TAGS : garam hipertensi kesehatan




TERPOPULER :