Kamis, 22/11/2018 02:45 WIB

Eks Mendag Sebut Ketidakpastian Eksternal Kian Bertambah

Ketidakpastian tersebut, kata Mari Elka, tak hanya disebabkan oleh perang dagang, namun juga karena The Fe

Mari Elka Pangestu (Foto: Antara)

Jakarta - Mantan Menteri Perdagangan sekaligu ekonomi senior Mari Elka Pangestu menilai ketidakpastian eksternal yang berpengaruh terhadap perekonomian makin bertambah.

Ketidakpastian tersebut, kata Mari Elka, tak hanya disebabkan oleh perang dagang, namun juga karena The Fed meningkatka tingkat suku bunga lebih cepat, sehingga rupiah akan mengalami pelemahan.

Menurut Mari Elka, perang dagang global memunculkan sejumlah kekhawatiran. Di antaranya mengganggu iklim perdagangan dan ekspor yang dalam satu tahun terakhir mulai membaik.

"Selama setahun terakhir perdagangan dan ekspor membaik. Ini (Perang Dagang, Red) bisa menganggu," ujar Mari Elka di Jakarta, Kamis (5/4).

Menghadapi berbagai ketidakpastian eksternal itu, Mari Elka berpendapat Indonesia perlu merangsang permintaan dari dalam negeri.

"Kita beruntung masih punya pasar dalam negeri yang besar," kata dia.

Upaya mendorong permintaan dalam negeri oleh pemerintah dapat dilakukan melalui belanja negara yang membantu lapisan masyarakat paling bawah, misalnya melalui program padat karya dana desa dan program keluarga harapan.

Selain mendorong permintaan dalam negeri, perlu pula memperhatikan mengenai kepercayaan konsumen (consumer confidence) melalui penyelesaian permasalahan isu-isu mengenai pajak dan ketidakpastian regulasi. (Ant)

TAGS : Ekonomi The Fed Perang Dagang Mari Elka




TERPOPULER :