Sabtu, 20/04/2024 20:03 WIB

Hubungan DPR dan Pemerintah Dinilai semakin Harmonis

Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait menilai hubungan antara pemerintah dan DPR semakin harmonis. Hal ini menyusul diterimanya secara aklamasi calon Gubenur Bank Indonesia Perry Warjoyo tanpa ada perdebatan antar fraksi.

Anggota Komisi XI DPR RI, Maruarar Sirait

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait menilai hubungan antara pemerintah dan DPR semakin harmonis. Hal ini menyusul diterimanya secara aklamasi calon Gubenur Bank Indonesia Perry Warjoyo tanpa ada perdebatan antar fraksi.

Politisi PDIP ini menjelaskan sudah tiga calon tunggal pejabat yang diajukan Jokowi ke DPR disetujui secara aklamasi. Diantaranya yakni, pergantian Kapolri, pergantian Panglima TNI dan terakhir adalah pergantian Gubernur BI. Ketiganya dicapai kesepakatan melalui musyawarah.

Maruarar menuturkan dukungan parlemen terhadap eksekutif cukup baik. Itu juga menunjukkan stabilitas politik dalam negeri berjalan dengan baik.

"Ini semua menunjukkan bahwa Pak Jokowi mampu menjaga stabilitas politik dalam negeri. Setiap calon pejabat yang diusulkan Jokowi selalu disetujui DPR dengan aklamasi. Ini akan baik bagi bangsa ini," ujar Maruarar Sirait dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Kamis (29/3/2018).

Diharapkan dengan terpilihnya Perry Warjiyo, stabilitas ekonomi dan ketersediaan uang rupiah menjadi lebih baik. Tugas dan amanat Gubernur BI ini menjadi lebih berat karena akan menghadapi tahun politik menjelang pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019. Meski demikian Perry yakin akan mampu meneruskan kinerja baik dari Gubernur BI sebelumnya yakni Agus Martowardoyo.

Karenanya, relasi baik antara eksekutif dan legislatif sangat dibutuhkan guna menjaga stabilitas perekonomian nasional. Nantinya, DPR segera melakukan Rapat Paripurna sebelum menyerahkan kembali hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Gubernur BI ini kepada Presiden Jokowi.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi XI DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :