Sabtu, 20/04/2024 21:45 WIB

Mencuci Wet Cleaning, Aman untuk Kesehatan dan Ramah Lingkungan

Alternatif mencuci pakaian bahan delicate dengan Wet Cleaning mirip dengan pencucian tangan.

Kho Tjin Hok, Lagoon Wet Cleaning Specialist/ Asia Pacific Electrolux Professional memaparkan alternatif mencuci pakaian bahan delicate dengan Wet Cleaning.(FOTO : ISTIMEWA)

Jakarta - Cara mencuci busana dengan bahan delicate biasanya dengan tangan, mesin cuci rumah tangga dan dry cleaning.
Ada dua jenis mesin cuci domestik dan industrial.

Kho Tjin Hok, Lagoon Wet Cleaning Specialist/ Asia Pacific Electrolux Professional JQ S.E.A, Singapore menerangkan, untuk domestik waktu pencucian lebih dari satu jam. Sedangkan industrial kurang dari 30 menit dan programnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Dry cleaning menggunakan tiga jenis bahan kimia untuk membersihkan tapi biasanya menggunakan Perc. Perc bersifat toksik dan meninggalkan bau seperti minyak tanah pada pakaian. "Perc sudah dilarang di beberapa negara seperti Amerika, Eropa," kata Kho dalam seminar bertajuk Lagoon Advanced Care : The Power of Water to Treat Your Garments di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2018) di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (29/3).

Di Singapura, lanjut Kho setiap karyawan laundry dry cleaning wajib melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahunnya. Sisa residu Perc pada pakaian membahayakan ginjal. "Selain itu bersifat karsinogenik dan menyebabkan penyakit Parkinson," ujarnya.

Alternatif mencuci pakaian bahan delicate dengan Wet Cleaning ini mencuci dengan halus mirip dengan pencucian tangan. "Ini aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan," kata Kho.

Lebih lanjut ia menerangkan, tiga poin penting dalam memilih metode pencucian: apakah untuk mendapatkan pakaian bersih atau kotor; apakah kita peduli terhadap lingkungan; apakah kita sayang teradap keluarga yang menggunakan pakaian tersebut.

"Itulah tiga pertanyaan penting dalam memilih teknologi pencucian pakaian," katanya.

Electrolux ingin mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya desainer tentang manfaat wet cleaning dengan teknologi dan inovasi terbarunya. Indonesia memliki kekayaan dalam ragam fashion yang dimiliki seperti jenis bahan yang beragam dan unik.

"Keunikan ini harus didukung oleh mesin pencucian yang unik pula dan menjaga kualitas bahan tersebut," katanya.

KEYWORD :

electrolux mencuci sutera kain designer tangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :