Kamis, 25/04/2024 21:23 WIB

Bawang Putih Lokal Mampu Berkompetisi dengan Bawang Impor

Pemerintah menyarankan jika dilakukan impor benih sebaiknya diutamakan dari Taiwan yang secara genetik telah teruji.

Bawang putih (Doc. Humastan)

Jakarta - Pemerintah terus berupaya menjadikan bawang putih lokal agar mampu berkompetisi dengan bawang putih impor melalui rasionalisasi harga benih dan harga konsumsi.

Begitu kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto saat mendampingi  Tim Pakar dari Republik Rakyat Tiongkok di Desa Glapansari Kecamatan Parakan Temanggung, Kamis (29/03).

Menurut Prihasto, kendala ketersediaan benih dapat diselesaikan melalui produksi benih lokal, dan impor benih dari negara-negara yang telah dinyatakan bebas dari daftar hama dan penyakit pengganggu tumbuhan karantina.

Menurutnya, pemerintah menyarankan jika dilakukan impor benih sebaiknya diutamakan dari Taiwan yang secara genetik telah teruji memiliki kemiripan dengan bawang putih lokal.

Hasil ujicoba tanam oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah di Desa Glapansari Temanggung menunjukkan hasil yang menggembirakan. Semua jenis bawang putih yang ditanam mengumbi cukup besar dan bersiung. Hasil panen potensial digunakan sebagai benih. Varietas yang ditanam antara lain Lumbu Kuning, Lumbu Hijau dan Tawang Mangu Baru.

Varietas lokal terbukti adaptif mampu tumbuh, berumbi dan bersiung. Untuk jenis Lumbu Hijau dan Tawangmangu Baru bahkan berpotensi memiliki produktivitas tinggi, yaitu bisa mencapai lebih dari 15 ton per hektar.

Untuk diketahui, kebutuhan konsumsi bawang putih sebentar lagi dipasok dari produk lokal, selama ini 95 persen dari impor. Saat ini luas areal tanam bawang putih naik pesat dari  2.400 hektar 2016 menjadi sekitar 15.000 hektar.

Penambahan luar areal tanam membuat Kementan semakin optimis bahwa masyarakat Indonesia secara bertahap akan kembali era 93an, sebab dalam waktu 2 hingga 3 tahun ke depan impor tinggal 5 persen.

KEYWORD :

Kementan Bawang Putih Prihasto Setyanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :