Jum'at, 26/04/2024 03:43 WIB

"Punika" Ketika Tradisi Menjadi Kekinian

Alleira Batik RD by Rama Dauhan sukses membuktikan bahwa batik bisa sangat tampil edgy.

Punika by Rama Dauhan

Jakarta - Dalam rangkaian acara Plaza Indonesia Fashion Week 2018,  Alleira Batik berkolaborasi dengan Rama Dauhan memperagakan koleksi terbarunya berupa koleksi wanita yang mengusung tema “PUNIKA” di The Warehouse lantai 5, Plaza Indonesia, Jumat (23/3) lalu.

Perpaduan dari iconic design brands Alleira Batik x RD by Rama Dauhan, membawa batik ke tingkat yang lain. Rama Dauhan seorang desainer muda terkenal memberikan sentuhan desain lain pada setiap batik yang dibuat oleh Alleira. Dimana kesan feminity dan fun menjadi highlight pada koleksi kali ini.

Penggabungan antara batik tradisional dengan gaya milenial menjadi garis utama yang akan digambarkan dalam koleksi ini. Menampilkan keunikan dari batik Alleira dengan desain khas modern Rama Dauhan, menjadi sesuatu yang dekat. Hal inilah yang menjadi arti dari tema utama yang diambil dari bahasa kromo yang berarti “sesuatu yang dekat”.

“Setiap koleksinya di buat senyaman mungkin. Kenyamanan selalu menjadi kunci dalam ready to wear, tetapi ingin tetap harus bergaya bukan? Kita pun berpikir seperti itu dan pada koleksi kali ini kita memberikan koleksi yang sangat nyaman dengan awkward shape dan flouncy ruffles balancing yang saling berkesinambungan,” ujar Rama Dauhan.

Dari tema utama, Rama Dauhan menjadikan koleksi yang menonjol dengan street style sebagai inspirasi dari koleksi show ini. Rama mengatakan bahwa dirinya memilih street style karena gaya tersebut bisa dengan jelas menunjukkan perpaduan seni dengan ketahanan pakai dari setiap busana. Siluet desain yang ditampilkan berupa, dress, jumpsuit, outware, dan blouse yang dibuat dengan detail flare, A simetris. Warna yang digunakan pun dikombinasi oleh warna warna alam yang hangat, seperti hitam, biru, kuning, abu abu serta orange.

Penggunaan material yang sangat nyaman juga menjadi salah satu fokus Alleira Batik dan Rama Dauhan agar koleksi ini dapat dikenakan oleh siapapun. Hand woven cotton jacquard, oragnza dan Hand woven silk menjadi 3 macam bahan yang dikenakan pada koleksi kali ini. Permainan motif yang sangat atraktif dengan cara pembuatan yang masih tradisional menambah nilai pada setiap koleksi yang ditampilkan.


KEYWORD :

Rama Dauhan Alleira batik punika street style




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :