Jum'at, 19/04/2024 19:21 WIB

Penggunaan Bahan Kimia Rumah Tangga Ancam Kesehatan Bayi

Kimia rumah tangga yang dimaksud meliputi alat-alat kosmetik, furnitur, dan plastik.

Ilustrasi hamil

Jakarta - Paparan bahan kimia rumah tangga ternyata dapat menggaggu perkembangan otak bayi. Kimia rumah tangga yang dimaksud meliputi alat-alat kosmetik, furnitur, dan plastik.

Dilansir dari Independent, sebuah laporan dari Endocrine Connections menemukan bahwa sejumlah bahan kimia dapat mengganggu pertumbuhan hormon tiroid, yaitu hormon yang sangat penting untuk perkembangan otak anak-anak pada wanita hamil.

Hal senada juga disampaikan oleh Pusat Nasional Prancis untuk Riset Ilmiah di Universitas Paris-Sorbonne. Bahan kimia yang berasal dari pestisida, obat-obatan, kosmetik, furnitur dan plastik akan mengganggu kerja hormon tiroid.

"Kami telah meninjau paparan yang terdokumentasi dari perempuan hamil dan balita terhadap campuran bahan kimia yang menggung hormon tiroid. Ada pula hasil yang menyatakan bahan kimia dapat menyebabkan gangguan spektrum autisme dan gangguan hiperaktif," kata profesor Barbara Demeneix dari Universitas Sorbonne.

"Sementara banyak para ahli di lapangan menyebut bahwa bahan kimia tidak memiliki risiko yang rentan, terutama bagi wanita hamil," jelasnya.

Hormon tiroid ibu sangat penting untuk perkembangan otak anak normal. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa gangguan moderat sekalipun dapat memengaruhi perkembangan kognitif mereka, dan berisiko mengalami gangguan otak.

KEYWORD :

Kesehatan Hamil Bahan Kimia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :