Kamis, 18/04/2024 23:46 WIB

Batik Berkah Majukan Perajin Lokal

Kolaborasi Batik Berkah dan Barlie Asmara diharapkan membuat batik kian kesohor.

Konferensi Batik Berkah by Barli Asmara (Foto: jurnas/Eka)

Jakarta - Batik masa kini tak hanya lazim dikenakan di special occasion tetapi jauh lebih berkembang dapat dengan mudah kita jumpai di mana saja. Upaya mengenalkan batik pada semua lapisan masyarakat pun tetap dilakukan agar citra batik kian menguat sebagai identitas budaya.

Pun dengan Batik Berkah yang akhirnya memutuskan berkolaborasi dengan desainer muda Barli Asmara. Pendiri Batik Berkah, Mahmudah mengatakan ia butuh menjalin kerjasama dengan desainer agar ragam desain batik terus berkembang.

"Jika selama ini Batik Berkah lebih menonjolkan warna-warna dominan seperti kuning dan merah marun, dengan kolaborasi maka muncul warna lain seperti pastel dan silver," ujar perempuan yang sudah lebih dari 30 tahun membatik ini.

Kerjasama yang sudah berlangsung selama 3 tahun ini cukup signifikan menarik minat para pelanggan Batik Berkah karena desain yang tampak muda dan edgy. Sebagai desainer kondang Barli Asmara merasa bersemangat dengan support dari Batik Berkah yang selama ini concern dengan para perajin batik lokal.

Perancang kelahiran Bandung 3 Maret 1978 ini nanti malam akan menampilkan 20 koleksi dengan warna baru hasil dari workshop di Jambi, ragam batik tetap mengikuti tren 2018.

"Semua karya ini hasil kerjasama dengan para perajin batik di Jambi," ungkap Barli pada saat konferensi pers Batik Berkah di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (23/3).

Proses membatik diakui Barli tidak mudah, untuk itu ia mengaku benar-benar mendengar banyak masukan dari para perajin batik lokal di Jambi.

"Kita harus tahu bahan yang bagus seperti apa, percampuran warna yang menarik bagaimana, itu jadi tantangan tersendiri,"  ujar desainer langganan Presiden Joko Widodo ini.

KEYWORD :

Batik Barli Asmara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :