Jum'at, 26/04/2024 05:16 WIB

Begini Cara Menggunakan Chatbot Untuk Usaha

Platform BJtech didukung machine learning technology dapat menjangkau semua orang dalam satu waktu bersamaan.

Mengusung semangat ‘Bot for Everyone’, kami ingin menunjukkan bahwa chatbot bisa diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalangan.(FOTO : ANDI MARDANA/JURNAS.COM)

Jakarta - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat menggunakan chatbot sebagai digital customer care untuk 24 jam. Sementara bagi individu dapat menggunakan chatbot untuk kebutuhan mereka sehari-hari ataupun hobi seperti mengembangkan entertainment chatbot.

Diatce G. Harahap, CEO PT Jualan Online Indonesia menjelaskan, platform BJtech yang didukung oleh machine learning technology dapat menjangkau semua orang dalam satu waktu bersamaan melalui komunikasi paling mudah yaitu chatting.

"Para pengguna hanya perlu mengikuti Iangkah-langkah teknis yang sederhana," kata Diatce pada peluncuran Platform BJtech di Jakarta, Rabu (21/3).

Pertama, menentukan tujuan dan fungsi dari pembuatan chatbot, dikarenakan akan berdampak pada Iangkah selanjutnya, yaitu rancangan alur percakapan, gaya bahasa dan gramatika yang digunakan dalam chatbot.

Lalu, diakhiri dengan menghubungkan chatbot yang telah dibuat agar dapat diimplementasikan di salah satu aplikasi pesan yang ada, yaitu LINE.

Penggunaan chatbot pun telah ada di aplikasi pesan seperti LINE@ di mana ditujukkan bagi perusahaan atau pengusaha untuk mengirimkan info tentang perusahaan, promosi produk dan lainnya kepada pelanggan.

LINE@ Senior Business Development Manager Christa Sabathaly mengungkapkan_tre penggunaan LINE@ di Indonesia dan penggunaan chatbot dalam LINE@. Terhitung hingga awal tahun 2018, sudah ada lebih dari 2,3 juta akun LINE@ yang ada dI Indonesia. "Sebagian besar dari akun LINE@ tersebut berasal darn pelaku UKM," ujar Christa.

Sebagian akun LINE@ yang ada, memanfaatkan chatbot untuk membenkan ,informasi produk dan cara pemesanannya. "Ini menunjukkan, penggunaan chatbot menjadi komponen yang penting dalam mengoperasikan bisnis mereka untuk melayani pelanggan selama 24 jam," lanjut ia.

Menurut Diatce, pemanfaatan chatbot sebagai digital customer care bagi pelaku UKM dapat menghasilkan eflsiensi biaya dan waktu dikarenakan sistem layanan menjawab secara otomatis. Tidak hanya itu saja, kegunaan chatbot pun dapat melakukan pemesanan dan bahkan berbagi lokasi.

“Produk chatbot yang menggunakan AI Conversation Platform BJtech pun sudah kami hasilkan melalui bekerjasama dengan LINE Indonesia, BNl dan Cisco. Terkait dengan implementasi chatbot, sementara ini hanya bisa di LINE saja. Kedepannya, kami akan memperluas ke aplikasi pesan Iainnya, mobile apps maupun platform Iain," pungkasnya.

KEYWORD :

LINE BJtech chatboth usaha ukm




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :