Rabu, 14/11/2018 18:06 WIB

Badan Amil Zakat Bakal Diawasi Langsung OJK

pengurus Baznas periode 2015-2020 telah bertekad untuk terus menggelorakan pengelolaan zakat dalam semua aspeknya

Menag buka Rakernas Baznas di Bali

Jakarta - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo mengatakan demi meningkatkan kualitas serta kinerja dalam pengelolaan zakat, semua badan amil zakat akan diawasi langsung Otoritas Jasa Kauangan (OJK).

Hal ini menurutnya untuk semakin berkomitmen mengedepankan transparansi dan akuntabilitas, dengan membangun satuan audit internal yang kuat, berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2015, dan laporan keuangan yang senantiasa memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari akuntan publik.

"Bahkan karena zakat sudah dimasukkan dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah oleh Bappenas, kami merencanakan semua BAZNAS dan LAZ diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK," ujar Bambang dalam Rakernas Rabu (21/03) di Bali.

Bambang menyatakan, pengurus Baznas periode 2015-2020 telah bertekad untuk terus menggelorakan pengelolaan zakat dalam semua aspeknya, baik pengumpulan, keuangan serta pendistribusian dan pendayagunaannya.

"Kami menamakan gairah peningkatan zakat di seluruh Indonesia ini, sebagai kebangkitan zakat. Dan periode ini kami sebut sebagai era Kebangkitan Zakat," tuturnya.

Berbagai upaya kami lakukan untuk kebangkitan tersebut dengan membangun paradigma baru dalam mengkampanyekan zakat, mengelola keuangan dan dalam berbagai pendekatan pendistribusian zakat,"tambahnya.

Mantan Menteri Keuangan menambahkan bahwa Baznas berkomitmen mengentaskan rakyat Indonesia dari kemiskinan dengan target 280 ribu jiwa per tahun, melalui pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang terukur, terarah dan memberdayakan. 

Dalam pendistribusian zakat ini, tutur Bambang, selain mengacu kepada syariah, Baznas dan LAZ juga mengembangkan program pengentasan kemiskinan yang diselaraskan dengan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Hampir semua goals dalam SDGs dapat disasar dengan berbagai program pendistribusian zakat," kata Bambang.

Baznas juga menargetkan bisa mengentaskan kemiskinan sebanyak 280 ribu orang setiap tahunnya.

TAGS : Zakat OJK Baznas




TERPOPULER :