Kamis, 25/04/2024 05:25 WIB

Rakernas Perkuat Koordinasi Zakat Nasional

Rakernas yang dibuka secara langsung oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim

Menag buka Rakernas Baznas di Bali

Bali - Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Bambang Sudibyo, menilai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diadakan di Bali (21-23/03) mampu meningkatkan koordinasi zakat nasional. Serta memperkuat kapabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ).

"Rakernas semakin memperkuat koordinasi zakat nasional. Kali ini mengambil tema `Penguatan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Untuk Pembanguan Kesejahteraan Nasional`," ujar Bambang dalam acara Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan, Bali, Rabu (21/03).

Menurut mantan Menteri Pendidikan Nasional ini, hal tersebut selaras dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pegelolaan Zakat dan PP Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pengelolaan Zakat. Di mana, tutur Bambang, zakat sudah menjadi urusan negara dan pelaksanaan amanah pengelolaan zakat tersebut diserahkan kepada Baznas dibantu oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ).

"Karena itu, kelembagaan dan sistem kerja Baznas dan LAZ selaku OPZ harus senantiasa diperkuat agar menjadi organisasi pemangku amanah ZIS yang kredibel dan bisa meringankan beban pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat," tambahnya.

Bambang menambahkan, Rakernas yang dibuka secara langsung oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim diikuti para pimpinan Baznas pusat, provinsi, kabupaten/kota, LAZ tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

"Seluruh peserta berjumlah 700 orang. Kali ini, Bali dipilih sebagai tempat rakernas untuk mendorong Baznas dan LAZ di daerah di mana Muslim adalah minoritas tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam suasana saling menghormati antara sesama umat yang berbeda agama" ucap dia.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor, Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama yang juga Anggota Baznas, Muhammadiyah Amin, Sekretaris BAZNAS yang juga Ketua Panitia Rakernas 2018, Jaja Jaelani, Direktur Pendistribusian, Mohd. Nasir Tajang dan Direktur Operasi, Wahyu TT. Kuncahyo.

KEYWORD :

Rakernas Zakat Baznas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :