Rabu, 24/04/2024 06:39 WIB

Gigi dan Mulut Cerminan Kesehatan Tubuh

Gusi berdarah menandakan penumpukan bakteri yang dapat berubah menjadi piak kaisifikasi dan menyebabkan infeksi sampai ke tulang pendukung gigi

Press Conference peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2018 di SD Negeri 01 Pagi Menteng.(FOTO : ISTIMEWA)

Jakarta - Kondisi gigi dan mulut mampu mencerminkan atau memberikan tanda dari penyakit di dalam tubuh. Dr. Dicky Levenus Tahapary, SpPD, PhD selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan proses munculnya indikator kesehatan tubuh pada kondisi gigi dan mulut.

“Beberapa kasus yang sering dijumpai, seperti gusi berdarah dan gigi yang tanggal dalam jumlah banyak memiliki korelasi dengan kesehatan tubuh dan penyakit sistemik seperti diabetes melitus, kerusakan ginjal, penyakitjantung dan pernafasan," jelasnya pada peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2018 yang diselenggarakan Pepsodent bekerjasama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di SD Negeri 01 Pagi Tebet, Jakarta, Selasa (20/3).

Lebih lanjut ia menerangkan, gusi berdarah menandakan penumpukan bakteri yang dapat berubah menjadi piak kaisifikasi dan menyebabkan infeksi sampai ke tulang pendukung gigi.

Dr. Dicky menjelaskan Iebih ianjut bahwa penyakit tubuh yang memunculkan tanda pada kondisi gigi dan mulut adalah kerusakan ginjal. “Kondisi tubuh yang mengalami kerusakan ginjal dapat menurunkan kualitas dari tulang, termasuk rahang,"   katanya.

Situasi tersebut kata dr. Dicky dapat mempengaruhi tanggalnya gigi secara prematur, infeksi gigi, dan periodontitis. Penderita kerusakan ginjal akan terganggu indera perasanya dan akan timbul bau nafas tidak sedap.

Selain itu, perubahan pada tulang juga dapat terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap kalsium dengan baik. Untuk itu penderita kerusakan ginjal berisiko kehilangan kepadatan tulang pada rahang yang menyebabkan gigi menjadi longgar dan kemudian tanggal.

KEYWORD :

sikat gigi mulut sehat penyakit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :