Kamis, 18/04/2024 21:51 WIB

Kini Giliran Liga Belanda Gunakan Teknologi VAR

Eredivisie juga akan mengadopsi teknologi berikut pengujian yang sukses di Piala KNVB.

Ilustrasi saat wasit mencoba teknologi VAR

Jakarta - Liga Belanda (Eredivisie) telah menjadi liga terbaru yang mengadopsi penggunaan sistem video assistant wasit (VAR), yakni teknologi yang menampilkan penanyangan ulang suatu insiden dalam pertandingan sepakbola.

Sebelumnya, FIFA mengkonfirmasi awal bulan ini bahwa VAR akan digunakan di Piala Dunia dan Royal Dutch Football Association (KNVB) telah mengikutinya.

VAR akan digunakan di LaLiga dari musim 2018-19 dan Eredivisie juga akan mengadopsi teknologi berikut pengujian yang sukses di Piala KNVB.

"Tentu saja kami telah bekerja di belakang untuk sementara waktu, tetapi pengenalan VAR akan benar-benar terbentuk dalam beberapa bulan mendatang," kata direktur umum KNVB Eric Gudde dilansir Soccerway.

"Oleh karena itu, saya menanti saat kita akan benar-benar memulai pada hari Jumat tanggal 11 Agustus di awal Eredivisie," lanjutnya.

VAR sudah digunakan di Bundesliga, Serie A, Major League Soccer di Amerika Serikat dan A-League Australia, sementara uji coba telah dilakukan di kompetisi piala Inggris.

Namun, presiden UEFA Aleksander Ceferin telah mengkonfirmasi teknologi tidak akan diperkenalkan di Liga Champions musim depan.

KEYWORD :

VAR Liga Belanda Sepakbola




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :