Jum'at, 19/04/2024 06:56 WIB

Hal yang Mesti Dilakukan Memperpanjang Usia Bangunan

Kecendrungan penggunaan mortar di dalam dunia arsitektur, salah satunya dipengaruhi kesadaran akan pentingnya konsep keberlanjutan

Weber

Jakarta - Perkembangan budaya dan teknologi, kebutuhan manusia akan terus bertambah, sementara daya dukung alam semakin terbatas. Untuk itu dalam pengembangan, diperlukan perilaku yang bijaksana.

“Saat ini usia bangunan semakin pendek. Selain alasan lingkungan, efisiensi ekonomi juga merupakan faktor utama," kata Ary Indra seorang Arsitek dan salah satu pendiri Biro Arsitek Aboday pada press conference pembukaan pabrik ke 4 PT Cipta Mortar Utama, dengan merek produk MU-Weber di Jakarta, Senin (19/3).

Hal ini, kata ia merupakan pemborosan untuk mendirikan bangunan dengan memanfaatkan sumber daya yang terlalu banyak, namun perlu diganti dalam waktu singkat 1520 tahun.

Menurutnya, kecendrungan penggunaan mortar di dalam dunia arsitektur, salah satunya dipengaruhi kesadaran akan pentingnya konsep keberlanjutan yang membawa keseimbangan antara pelestarian alam dengan pemenuhan kebutuhan manusia di masa depan yang semakin meningkat.

"Setidaknya ada tiga hal yang bisa diraih dari konsep tersebut, yaitu meminimalkan konsumsi bahan dan energi, mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan memenuhi kebutuhan manusia," jelas Ary.

Menurutnya, berdasarkan penggalaman masa lalu, penggunaan mortar lebih praktis karena siap pakai, mudah digunakan, memungkinkan konsistensi kualitas, menghemat waktu dan biaya serta lokasi proyek Iebih bersih.

KEYWORD :

Mortar Industri Bangunan Weber




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :