Senin, 19/11/2018 07:33 WIB

Penyelam California Temukan Kapal Berumur 120 Tahun di Danau Erie

Rob Ruetschle, menemukan Margaret Olwill, sebuah kapal yang tenggelam dengan beberapa orang di lepas pantai Lorain

Kapal berusia 120 tahun

Jakarta - Sebuah musium nasional di Great Lakes, California menyebutkan, seorang penyelam di Danau Erie menemukan sisa-sisa kapal yang tenggelam pada tahun 1899.

Rob Ruetschle, menemukan Margaret Olwill, sebuah kapal yang tenggelam dengan beberapa orang di lepas pantai Lorain, Ohio 120 tahun lalu.  Insiden waktu itu menewaskan delapan orang termasuk kapten, istri dan anak laki-lakinya yang berusia 9 tahun.

"Hilangnya Olwill sangat tragis karena tidak hanya kapten dan istrinya binasa, tapi anak mereka, teman keluarga, dan kerabat lainnya juga meninggal sebagai akibat dari apa yang tampaknya merupakan perjalanan keluarga di kapal komersial," kata museum itu dalam sebuah pernyataan.

Bagi Ruetschle, menemukan kapal tersebut menandai berakhirnya sebuah pencarian yang dimulai hampir 30 tahun yang lalu.

Sebelumnya, seorang penyelam lain mengklaim menemukan kembali kapal karam tersebut pada tahun 1989, Penjaga Underwater Cleveland, yang menggunakan singkatan CLUE,.

Namun dia tidak dapat kembali ke situs itu sampai tahun 2016 dan, dengan menggunakan teknologi sonar, menemukan bahwa yang menurutnya adalah kapal karam sebenarnya hanyalah tumpukan batu dan pohon yang cekung. Tapi Ruetschle melanjutkan pencariannya.

"Pada bulan Desember 2016 Rob memeriksa kembali scan area pencarian lama dan semua dokumen arsip terakumulasi sebelum pencarian pertama," kata CLUE.

"Setelah meninjau dengan saksama, dia memutuskan untuk mengambil satu tembakan lagi untuk menemukan kecelakaan yang sulit dipahami ini. Dia memindahkan area pencarian dan menutup area baru seluas 25 mil persegi sebelum menemukan bangkai kapal tersebut, sekitar 60 mil persegi Danau Erie dicari untuk menemukan kapal ini. "

Ruetschle dan tim penyelam kembali ke lokasi untuk tes diagnostik untuk memastikan bahwa kapal karam tersebut adalah Margaret Olwill sebelum pengumuman tersebut dibuat resmi pekan lalu.

"Jadi setelah bertahun-tahun mencari Rob dan 11 tahun oleh CLUE, kami yakin cukup yakin untuk mengumumkan penemuan karam yang diidentifikasi sebagai Propeller Margaret Olwill," kata kelompok tersebut.

"Saat pertama kali menemukan bangkai kapal yang Anda cari, ini mengasyikkan," kata Ruetschle kepada Rock the Lake. "Ini seperti mendaki Gunung Everest untuk pertama kalinya."

TAGS : Unik Kapal California




TERPOPULER :