Selasa, 23/04/2024 17:42 WIB

FIFA Setuju Gunakan VAR di Piala Dunia

Infano menambahkan penggunaan VAR sangat membantu wasit dalam memberikan keputusan yang akurat dan adil, sehingga tak ada lagi keputusan kontroversial.

Kantor Federasi Sepakbola Dunia (FIFA)

Jakarta - FIFA telah menyetujui penggunaan teknologi video penayangan ulang atau VAR untuk pertama kalinya di Piala Dunia dalam sebuah pertemuan dewan organisasi di Bogata.

Awal pekan ini, VAR mendapat persetujuan resmi dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) badan pembuat peraturan sepak bola, pada pertemuan umum tahunan di Zurich.

Dewan FIFA berkumpul pada Jumat di Kolombia, di mana presiden Gianni Infantino mengkonfirmasi keputusan diambil untuk menggunakan teknologi kontroversial tersebut.

"Kami juga berbicara tentang sepak bola, kami akan mengadakan Piala Dunia pertama kami di tahun 2018 dengan sistem wasit asisten video," kata Infantino dalam sebuah konferensi pers dilansir Soccerway.

"Ini sudah diadopsi dan disetujui, jelas kami sangat senang dengan keputusan itu," tambahnya.

"Ya, seperti yang saya katakan sebelumnya, itu adalah keputusan penting, sebuah keputusan bersejarah, berdasarkan temuan IFAB dua minggu yang lalu, kurang lebih," lanjutnya.

Infano menambahkan penggunaan VAR sangat membantu wasit dalam memberikan keputusan yang akurat dan adil, sehingga tak ada lagi keputusan kontroversial.

"Keputusan berdasarkan uji coba yang dilakukan di lebih dari seribu pertandingan, memberi kami jaminan bahwa VAR benar-benar membantu wasit, juga akan membantu kami untuk memiliki olahraga yang lebih adil dan transparan," tuturnya.

"Wasit sudah mengerjakan pekerjaannya dan bisa membuat kesalahan seperti manusia, jika kita bisa membantunya memperbaiki kesalahan ini, mari kita melakukannya. Itulah posisi kita," lanjutnya.

"Kami sudah melihat teknologinya siap menghadapi Piala Dunia."

VAR sudah digunakan di Bundesliga Jerman dan Serie A di Italia, sementara telah diujicobakan di Piala FA dan Piala EFL di sepakbola Inggris.

FIFA juga menggunakan sistem di Piala Konfederasi tahun lalu. Teknologi ini dirancang untuk membantu wasit dengan keputusan penting, termasuk penalti, hukuman, kartu merah lurus dan kasus-kasus identitas yang keliru.

Namun, ada banyak kritik terhadap VAR, paling tidak selama jumlah waktu yang dibutuhkan untuk referensi selama pertandingan berlangsung, sementara ada keluhan karena kebingungan yang disebabkan oleh pelatih dan penggemar.

Infantino sebelumnya telah berbicara tentang keinginannya untuk melihat VAR digunakan di Piala Dunia, meskipun pendahulunya Sepp Blatter menerbitkan sebuah tweet untuk mengungkapkan ketidaksetujuannya.

LaLiga telah mengkonfirmasi bahwa VAR akan digunakan di Spanyol musim depan, namun UEFA mengatakan bahwa pihaknya tidak akan memakai sistem itu di Liga Champions.

KEYWORD :

FIFA VAR Piala Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :