Kamis, 25/04/2024 19:50 WIB

Ngantuk Pas Nyetir? Minggir Dulu!

Mengemudi saat ngantuk bisa membahayakan diri Anda.

ilustrasi ngantuk saat menyetir (foto: somnocenter)

Jakarta - Memperingati hari Tidur Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Maret kemarin, banyak orang Indonesia yang masih meremehkan pentingnya tidur yang berkualitas, terutama mereka yang mengemudikan kendaraan.

Masih banyak orang yang memaksakan diri untuk terus lanjut mengemudi walau dalam keadaan mengantuk, padahal hal itu sangat berbahaya.

Berikut ini tips untuk menghindari risiko kecelakaan karena mengemudi saat Anda mengantuk:

1. Menepi di tempat yang aman

Jika rasa ngantuk Anda sudah tidak tertahankan lagi, lebih baik Anda menepi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memilih tempat yang aman seperti pom bensin, hotel atau rumahsakit.

2. Matikan AC pada saat tidur di mobil

Setelah Anda menepi di tempat yang aman dan memutuskan untuk tidursejenak di dalam mobil, pastikan untuk mematikan AC dan buka sedikit jendela Anda untuk menjaga sirkulasi udara. Nah, Tahukah Anda, jika AC mobil yang dibiarkan menyala dapat berpotensi menghisap gas CO dan emisi sisa pembakaran mobil yang tentunya akan sangat berbahaya jika Anda berada di dalamnya.

3. Jika lelah, jangan paksakan menyetir

Lelah karena harus lembur? Jangan paksakan diri Anda untuk menyetir! Anda dapat memanfaatkan layanan ridesharing seperti Uber untuk mengantarkan Anda ke rumah dengan aman.

4. Pastikan istirahat cukup sebelum mengemudi

Menurut AAA Foundation for Traffic Safety, pengemudi yang kurang tidur atau di bawah 6 jam, memiliki risiko kecelakaan lalu lintas hingga empat kali lebih tinggi dibanding pengemudi yang memiliki waktu tidur yang cukup atau 7 jam. Bahkan, menurut National Highway Traffic Safety Administrtation, risiko mengantuk saat mengemudi sama besarnya dengan menyetir saat mabuk.

5. Istirahat setiap 2 jam dalam perjalanan panjang

AAA Foundation for Traffic safety memberikan rekomendasi bagi pengemudi yang melakukan perjalanan panjang untuk merencanakan waktu perjalanan mereka dengan baik. Selalu jadwalkan untuk mampir di setiap rest area setiap 2 jam atau per 160 kilometer perjalanan. Hindari juga untuk makan yang terlalu berat dan jangan mengonsumsi obat-obatan yang bikin ngantuk.

Demikian beberapa tips agar Anda dapat menghindari kecelakaan karena menyetir dalam kondisi mengantuk. Sekali lagi, ingatlah bahwa mengemudi dalam kondisi mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk.

KEYWORD :

menyetir ngantuk bahaya tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :