Kamis, 25/04/2024 17:43 WIB

5 Fakta Tentang Menstruasi

Ada banyak fakta tentang pre-menstruasi syndrome (PSM) yang sering dialami wanita mulai dari perubahan hormon, perubahan fisik dan perubahan emosi.

Perempuan cenderung mengalami nyeri pada perut saat menjelang menstruasi.(FOTO : ILUSTRASI)

Jakarta - Menstruasi atau umum disebut haid adalah siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Hal ini kebanyakan dialami wanita sejak usia 12 tahun atau sekitar 2-3 tahun setelah payudara mulai tumbuh dan siklus ini umunya berjalan setiap satu bulan sekali sampai menopouse tiba usia sekitar 50 tahun.

Ada banyak fakta tentang pre-menstruasi syndrome (PSM) yang sering dialami wanita mulai dari perubahan hormon, perubahan fisik dan perubahan emosi. Berikut ke lima fakta menstruasi.

1. Sekresi serviks

Kebanyakan wanita akan mendapatkan cairan seperti susu berwarna putih yang biasanya terjadi satu atau dua hari sebelum menstruasi ini disebut sekresi serviks. Keluar cairan putih sebelum menstruasi itu sangat normal. Namun, beberapa wanita tidak mengalami hal itu, melainkan menderita kekeringan vagina. Hal ini kerap mengakibatkan rasa sakit ketika berhubungan seks.

2. Sakit kepala

Sebelum bahkan saat menstruasi, sebagian besar wanita merasakan sakit di kepala atau migren dan rasa malas yang muncul begitu saja. Hal ini suatu hal yang terjadi secara alamiah dan bukan kelainan.

3. Nyeri pada payudara

Banyak wanita yang mengeluhkan rasa nyeri pada payudara mereka menjelang menstruasi. Payudara tiba-tiba membengkak bahkan, tekanan lembut pada payudara bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

4. Sering haus dan ngidam

Saat menstruasi wanita akan merasa kehausan dan cepat dehidrasi, hal ini juga menyebabkan wanita cepat lelah. Wanita akan mengalami retensi air beberapa hari sebelum periode menstruasi mereka datang. Bukan hanya itu, ngidam tidak hanya terjadi saat kehamilan saja, tetapi juga saat menjelang menstruasi. Tanpa alasan jelas, Anda akan merasa sangat ingin makan sesuatu yang menyebabkan mengalami kenaikan berat badan.

5. Perubahan suasana hati

Saat jelang menstruasi wanita akan mengalami perubahan suasana hati sehingga cenderung sensitif dan pemarah. Ia tiba-tiba akan merasa sangat sedih atau senang tanpa alasan yang jelas. Bahkan tak jarang, perasaan sensitif itu membuat wanita merasa mudah marah dan naik pitam. Perubahan emosi ini menyebabkan perempuan gampang lelah dan jadi pemalas.

KEYWORD :

Nyeri Haid Fakta Wanita Mentruasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :