Jum'at, 16/11/2018 17:16 WIB

Ini Penyebab Penuaan Dini pada Perempuan

Apakah tanda-tanda yang terjadi, jika Anda mengalami penuaan dini?

ilustrasi_penuaan_dini

Jakarta - Anda baru berusia 20 tahun namun tampak seperti 30 tahun? Sepertinya penuaan dini terjadi pada diri Anda. Hal ini terdengar sangat menakutkan, terutama bagi para perempuan yang selalu ingin tampak cantik.

Penuaan dini memang susah dihindari, cepat lelah dan metabolisme yang tidak normal merupakan salah satu tanda-tanda terjadinya penuaan dini.

Berikut tanda-tanda lain, jika terjadi penuaan dini pada usia Anda saat ini:

1. Adanya kerutan di beberapa titik wajah, saat Anda tersenyum.
2. Menghitamnya kantung mata
3. Terdapat bintik-bintik merah di wajah, karena sinar matahari berlebihan tanpa proteksi.

Pola hidup tak sehat seperti makanan dan jarang berolahraga mungkin menjadi salah satu terjadinya penuaan dini yang seharusnya tidak menimpa Anda.

Namun apakah sebab utama penuaan dini yang sering terjadi?

1. Stres

Stres adalah faktor utama penyebab penuaan dini. Perubahan kadar hormon, kulit kering, pori-pori melebar, regenerasi kulit yang tidak sempuna hingga menumpuknya sel kulit mati bisa disebabkan karena stress. Itu semua adalah tanda-tanda terjadinya penuaan dini.

2. Sinar Matahari

Benar adanya kalau sinar matahari baik untuk kesehatan, namun jika sesuatu yang berlebihan pasti memberi dampak yang kurang baik. Salah satunya sinar matahari yang berlebihan dan tanpa dilindungi oleh pelembab wajah.

3. Radikal Bebas

Di dalam tubuh terdapat ion yang saling berpasangan. Sayangnya, banyak ion yang tidak memiliki pasangan hingga menghadirkan yang lain. Sel-sel yang rusak itulah yang menyebabkan radikal bebas dan menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

Untuk itu, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Makanan, minuman, dan buah-buahan sangat membantu mengembalikan kondisi menjadi lebih sehat. Proses masak yang tidak ideal juga perlu diperhatikan agar tidak menghilangkan kadar gizi dalam bahan makanan dan minuman tersebut.

Selain pola hidup sehat, kolagen juga diperlukan untuk membantu kulit agar tetap kencang. Kekenduran kulit tidak bisa dipungkiri karena bertambahnya umur. Kolagen berfungsi agar menghambat terjadinya penuaan dini.

TAGS : cantik muda penuaan dini stres




TERPOPULER :