Senin, 25/03/2019 17:00 WIB

7 Tips Menghindari Perceraian

Gejala-gejala ketidakharmonisan rumahtangga akan terlihat, karena  pasangan mulai kehilangan semangat untuk berkencan.

Ilustrasi Perpisahan

Jakarta - Pernikahan merupakan sebuah perjalanan yang indah apalagi masa-masa bulan madu. Namun apakah kebahagiaan Anda bertahan lama? Hubungan tidaklah selalu berjalan tanpa batu sandungan, perceraian adalah salah satunya.

Sebuah survei menunjukkan kebanyakan pernikahan mulai hambar setelah berjalan 3,5 tahun pertama. Dan masa-masa terberat dalam hubungan ketika umur pernikahan memasuki lima tahun pertama.

Gejala-gejala ketidakharmonisan rumahtangga akan terlihat, karena  pasangan mulai kehilangan semangat untuk berkencan, lebih memilih tidur daripada bercinta, dan berhenti mengatakan cinta. Bahkan banyak yang telah mengungkapkan pengalaman mereka, masa-masa sulit akan datang dialami setiap lima tahun berikutnnya.

Meredupnya hubungan Anda dengan pasangan bisa berakhir perceraian. Berikut tips menghindari perceraian pada lima tahun pertama pernikahan.

1. Cinta
Kata-kata cinta yang setiap hari Anda ucapkan pada pasangan akan membuat hubungan Anda tetap awet, dengan saling memuji satu sama lain akan mengurangi kemungkinan Anda bercerai. Romantisme mungkin bukan sesuatu yang berarti, tetapi sedikit romantisme bisa menjadi bahan bakar untuk menjaga nyala api cinta dalam perkawinan Anda. Selalu meluangkan waktu bersama pasangan meskipun Anda sangat sibuk dengan pekerjaan Anda.

2. Berpikir positif
Jangan berpikir bahwa perceraian atau perpisahaan adalah satu-satunya jalan terbaik. Selalu berfikir positif bahwa hubungan Anda akan baik-baik saja, anggap masalah adalah bumbu-bumbu dalam membina rumahtangga. Anda perlu lebih bijak dalam menyikapi persoalan Anda dengan pasangan, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, tergantung bagaimana Anda bisa menyelesaikan dengan kepala dingin.

3. Diskusikan masalah dengan pasangan
Sekecil apapun masalah yang Anda hadapi akan menyebabkan rumahtangga Anda retak dan berakhir perceraian. Jadi, cobalah untuk mendiskusikan masalah apa pun dengan pasangan Anda. Karena kesalahan yang sangat fatal sering terjadi ketika komunikasi terputus karena masalah Anda simpan sendiri dan tidak saling terbuka.

4. Menawarkan solusi
Menawarkan solusi setiap kali Anda menghadapi masalah adalah salah satu kunci menyelamatkan pernikahan Anda. Namun solusi yang Anda tawarkan haruslah bijak, tidak merugikan salah satu pihak. Selalu ada solusi setiap persoalan yang Anda hadapi, dan berpikir terbuka.

5. Memperbaiki kesalahan
Tidak akan ada masalah tanpa sebab. Jika Anda yang membuat kesalahan, berusahalah untuk memperbaikinya. Jangan justru membela diri dan melemparkan kesalahan pada pasangan Anda. Jadi solusi tepat adalah dengan mengakui kesalahan lalu meminta maaf, dan perbaiki kesalahan Anda untuk memulihkan keadaan.

6. Luruskan kesalahpahaman
Ini adalah salah satu akar penyebab dari perceraian. Kesalahpahaman bisa merusak hubungan Anda dan membuat pasangan kehilangan kepercayaan. Jika Anda mengalami banyak masalah dalam kehidupan pernikahan Anda karena kesalahpahaman, jangan anggap itu hal yang ringan. Segera luruskan kesalahpahaman yang terjadi pada Anda dan pasangan.

7. Mengenang masa lalu berdua
Kembali mengingat masa-masa manis berdua akan membuat Anda dan pasangan merindukan kehangatan di masa lalu. Jika Anda mengalami perkelahian biasa, duduk bersama dan menghargai semua kenangan lama satu sama lain. Cobalah membuka halaman album pernikahan Anda untuk menghidupkan kembali kenangan indah.

Selalu ada jalan untuk menyelamatkan pernikahan Anda. Dengan sebuah masalah tidak seharusnnya mengakhiri pernikahan yang dulunya sangat Anda impikan. Anda harus menikmati pernikahan yang diperjuangkan.

TAGS : Pernikahan Kasus Perceraian Rumah Tangga




TERPOPULER :