Kamis, 25/04/2024 09:17 WIB

MPR Perkuat Kerjasama Budaya dan Ekonomi dengan Senat Kazakhstan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi Wakil Ketua MPR Mahyudin dan E.E. Mangindaan, menerima delegasi Senat Republik Kazakstan yang dipimpin Ketua Senatnya Kassyim-Jomart.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan menerima delegasi Ketua Senat Republik Kazakstan Kassyim Jomart

Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi Wakil Ketua MPR Mahyudin dan E.E. Mangindaan, menerima delegasi Senat Republik Kazakstan yang dipimpin Ketua Senatnya Kassyim-Jomart. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V komplek Parlemen, Selasa (13/3).

Kepada Ketua MPR, Kassym-Jomart antara lain menyampaikan keinginan pemerintahannya untuk bisa meningkatkan hubungan kedua negara. Terutama disektor ekonomi perdagangan, budaya, dan pendidikan.

Karena itu, Kassym-Jomart mengundang Ketua MPR untuk berkunjung ke Kazakstan, agar bisa menjajaki peningkatan kerjasama kedua negara yang sudah berjalan selama 20 tahun.

Menurut Kassym-Jomart, Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kawasan Asean. Sebanyak 37 persen perekonomian di Asean ditopang oleh Indonesia. Karena itu, Kazakstan menganggap penting untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia, sebelum melakukan kerjasama dengan negara-negara Asean.

Menjawab harapan tamunya, Ketua MPR sepakat untuk mendorong peningkatan kerjasama kedua negara. Termasuk kerjasama masyarakat diantara kedua negara. Apalagi, sejauh ini sudah banyak masyarakat Kazakstan yang berwisata ke Indonesia.

“Selama ini kita sudah punya hubungan yang dekat dengan Kazakstan. Saatnya perkuat hubungan pendidikan, ekonomi dan juga budaya," tegasnya

"Intinya kedua negara harus dilandasi hubungan setara, saling menguatkan, dan juga saling menguntungkan," tutupnya

KEYWORD :

Warta MPR Zulkifli Hasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :