Sabtu, 22/09/2018 08:24 WIB

Kazakstan Bujuk MPR Kerja Sama di Sektor Budaya dan Ekonomi

Kazakstan menganggap penting untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia, sebelum melakukan kerjasama dengan negara-negara ASEAN.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima delegasi Senat Republik Kazakstan yang dipimpin Ketua Senatnya Kassyim-Jomart, Selasa (13/3).

Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) didampingi wakilnya, Mahyudin dan E.E. Mangindaan, menerima delegasi Senat Republik Kazakstan yang dipimpin Ketua Senatnya Kassyim-Jomart.  Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V komplek Parlemen, Selasa (13/3).

Dalam kunjungan tersebut, Kassym-Jomart menyampaikan keinginan pemerintahannya untuk bisa meningkatkan hubungan kedua negara. Terutama disektor ekonomi perdagangan, budaya, dan pendidikan.

Kassym-Jomart pun mengundang Ketua MPR untuk berkunjung ke Kazakstan, agar bisa menjajaki peningkatan kerjasama kedua negara yang sudah berjalan selama 20 tahun itu.

Menurut Kassym-Jomart, Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Sebanyak 37 persen perekonomian di ASEAN ditopang oleh Indonesia.

Karena itu, Kazakstan menganggap penting untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia, sebelum melakukan kerjasama dengan negara-negara ASEAN.

Menjawab harapan tamunya, Ketua MPR sepakat untuk mendorong peningkatan kerjasama kedua negara. Termasuk kerjasama masyarakat diantara kedua negara. Apalagi, sejauh ini sudah banyak masyarakat Kazakstan yang berwisata ke Indonesia.

"Selama ini kita sudah punya hubungan yang dekat dengan Kazakstan. Saatnya perkuat hubungan pendidikan, ekonomi dan juga budaya," tegasnya.

"Intinya kedua negara harus dilandasi hubungan setara, saling menguatkan, dan juga saling menguntungkan," sambungnya.

TAGS : Warta MPR Kazakstan




TERPOPULER :