Kamis, 13/12/2018 00:08 WIB

6 Manfaat Menikah Bagi Kesehatan Mental

Membina rumah tangga membutuhkan pondasi yang kuat, dan pondasi itu adalah kepercayaan.

Ilustrasi pernikahan

Jakarta - Ada penelitian mengungkapkan seseorang yang menikah mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, menikah juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan mental. Jadi Anda yang masih ragu dan menimbang-nimbang untuk menikah tidak perlu ragu, karena banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

Berikut beberapa manfaat menikah bagi kesehatan mental :

1. Membangun kepercayaan

Membina rumah tangga membutuhkan pondasi yang kuat, dan pondasi itu adalah kepercayaan. Mengarungi bahtera rumah tangga haruslah mempunyai komitmen menjalin hubungan baik dengan saling percaya satu sama lain.

2. Menghargai pasangan

Contoh kecil, jika sebelum menikah Anda masih sering tergoda dan melirik lawan jenis, namun setelah menikah Anda akan merubah perilaku Anda. Anda akan lebih menghargai pasangan Anda. Betapa tidak, Anda akan khawatir jika kebiasaan Anda sebelum menikah masih Anda lakukan, maka pasangan Anda akan merasa tidak dihargai. Anda senantiasa menjadikan diri Anda sebagai ukuran, ketika Anda menghargai pasangan Anda, maka Anda pun akan menghargai oleh pasangan, dan begitu juga sebaliknya.

3. Menjadi baik

Seburuk-buruknya manusia masih memiliki sisi baik dan ingin menjadi lebih baik. Setelah menikah, seseorang akan belajar mencintai dan menyayangi pasangan Anda. Berusaha selalu ada untuk seseorang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Pasangan pun akan terlihat semakin bersinar ketika Anda bersikap baik padanya.

4. Menjadi kreatif

Menikah tidaklah menjadikan Anda lebih tua, kehidupan rumah tangga seperti orang tua. Hidup berdampingan dengan pasangan akan menjadikan Anda lebih kreatif dalam menciptakan kisah cinta sendiri. Anda akan terus memikirkan untuk melakukan hal-hal baru sesuai keinginan Anda demi kebahagiaan Anda dan pasangan.

5. Menciptakan harapan

Hidup tanpa memiliki harapan hanyalah kesia-siaan. Dalam mengarungi rumah tangga, Anda akan memiliki harapan jauh kedepan, bahwa Anda ingin sehidup semati dengan pasangan dan menjadi keluarga yang harmonis. Harapan itulah yang akan menjadi power dalam menjalani hubungan suami istri.

6. Mencoba hal baru

Tujuan menikah bukan hanya sementara waktu, setahun atau lima tahun namun, sejatinnya ikatan pernikahan awet hingga akhir hayat. Untuk itu jangan pernah berpikir bahwa pernikahan yang sudah berlangsung lama membuat Anda bosa menjalaninnya. Melalui ide-ide kreatif Anda bersama pasangan bisa melakukan hal baru agar cinta dan kasih sayang itu tetap bersemi.

Itulah manfaat menikah bagi kesehatan mental. Semoga dengan pernikahan Anda dengan pasangan akan menambah kebahagiaan Anda. Bagi Anda yang belum menikah sudah siapkah mental Anda?

TAGS : Pernikahan Kesehatan Mental Penelitian




TERPOPULER :