Sabtu, 20/04/2024 11:51 WIB

Mayoritas Orang Indonesia Jual Barang Dari Mantan

Mendapatkan uang tambahan merupakan alasan paling populer bagi orang Indonesia untuk menjual barang mantan yakni sebanyak 60 persen.

Ilustrasi hadiah

Jakarta - Orang Indonesia merupakan suporter besar penjualan dan pembelian barang bekas secara online. Tetapi tahukah Anda delapan dari 10 orang Indonesia bersedia menjual barang bekas pemberian dari mantan?

Ini adalah data tebaru yang dihimpun oleh mobile classifieds marketplace Carousell dari survei in-app yang dilakukan terhadap 970 orang responden. Ternyata, Kebanyakan orang Indonesia menjual barang pemberian mantan demi uang tambahan.

Mendapatkan uang tambahan merupakan alasan paling populer bagi orang Indonesia untuk menjual barang mantan yakni sebanyak 60 persen, alasan yang 44 persen mengurangi tumpukan barang di rumah, dan 34 persen untuk move-on dari masa lalu.

Dari responden yang menyatakan bersedia menjual barang mantan, 40 persen mengatakan, selama ini mereka hanya menyimpan barang tersebut tanpa alasan, 35 persen menyatakan masih menggunakannya, dan 20 persen menyatakan, mereka sulit melepaskan barang tersebut karena menyimpan memori.

“Cukup mengejutkan bahwa ada banyak pengguna yang menjual barang-barang unik seperti barang pemberian dari mantan. Menurut data internal Carousell, ada sekitar 20.000 barang mantan yang dijual. Barang-barang tersebut adalah pakaian (70 persen), mainan (40 persen), dan buku (30 persen),” kata Olivia Lautner, Associate Country Manager, Carousell Indonesia baru-baru ini.

Dari kenangan bersama mantan hingga pengalaman berharga.  Saat ditanya apa yang akan mereka lakukan dengan uang hasil penjualan barang itu?  22 persen responden mengatakan akan menyumbangkan uang tersebut untuk kegiatan sosial.

Salah satu pengguna yang berusia 24 tahun bernama Vanya Asty (byasty) menggunakan uang hasil penjualan barang mantan untuk membelikan makanan bagi anak-anak kurang mampu.

“Mantan aku beliin hadiah-hadiah mahal, kayaknya ga sopan ya kalau dibalikin. Jadi aku putuskan untuk jualan aja di Carousell dengan tekad hasilnya akan aku pake untuk sesuatu yang baik. Semoga mantanku juga seneng ya kalo tau barangnya aku jualin huahaha tapi hasilnya untuk itu," jelasnya.

KEYWORD :

Kekasih Mantan Pacar Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :