Kamis, 25/04/2024 05:32 WIB

Bekraf Gandeng Jennifer Isaacson pada Perhelatan NY Now 2018

Tahun 2018 ini, Bekraf berusaha menfasilitasi kembali pelaku ekonomi kreatif dalam ajang NY Now 2018 yang berlangsung pada tanggal 12 hingga 15 Agustus 2018 berlokasi di Javits Center, NYC

Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Bekraf kembali mengadakan workshop dan kurasi produk kreatif sub sektor kriya dan handmade untuk perhelatan NY Now 2018 ini. Dalam kurasi tahap kedua ini, Bekraf menggandeng kurator internasional Jennifer Isaacson dari by Hand Consulting yang berpengalaman dan ahli mengenai pasar kriya Amerika dan dunia.

Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri  Bekraf, Bonifasius  mengatakan, kriteria produk yang ditampilkan harus memenuhi unsur originalitas, karya merupakan desain asli Indonesia dan bukan imitasi atau replika dari karya yang sudah ada, produk yang dihasilkan berupa produk hand made karakter khas indonesia, berbahan lokal dari Indonesia, karya harus bertanggung jawab terhadap alam, lingkungan hidup dan aman untuk manusia.

Selain itu, produk tersebut juga harus memiliki latar belakang cerita tentang produsen dan produk, mencantumkan nama desainer yang terlibat dalam penciptaan karya, mencantumkan deskripsi singkat mengenai konsep desain dari karya dan nilai tambah atas karya misalnya mempekerjakan masyarakat setempat, ramah lingkungan, dan lain-lain.

Berkenaan dengan event NY Now yang mempunyai tagline The Market for Home, Lifestyle plus Gift, ia menegaskan, Bekraf berusaha melakukan proses dengan benar dan maksimal. Dari mulai memakai jasa kurator, melakukan sosialisasi mengenai event dan selera pasar kepada desainer dan artisan, melakukan proses kurasi berjenjang, sampai mendesain booth secara khusus sehingga produk Indonesia tampil maksimal. Tentunya dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama dengan KJRI New York.

Ratusan ribu produk akan ditampilkan dalam ajang NY Now ini dan dikunjungi oleh masyarakat sekitar New York dan Negara-negara lain di belahan dunia. Pada Tahun 2017 lalu, Bekraf telah menfasilitasi delapan Pelaku Ekonomi Kreatif dalam kaitannya promosi produk mereka. Capaian prestasi tahun cukup memuaskan karena terpilih dalam kategori booth premier dan kategori new and the best product dan langsung menerima order pasca perheletan event NY Now.

Tahun 2018 ini, Bekraf berusaha menfasilitasi kembali pelaku ekonomi kreatif dalam ajang NY Now 2018 yang berlangsung pada tanggal 12 hingga 15 Agustus 2018 berlokasi di Javits Center, NYC. Harapannya prestasi tahun ini akan semakin baik dan dapat lebih memberikan ruang promosi dan pencapaian order yang lebih maksimal.

Hal ini tentunya mencerminkan konsistensi Bekraf dalam mempromosikan dan memasarkan produk pelaku ekonomi kreatif khususnya sub sektor kriya dalam pasar luar negeri.

Untuk diketahui, Bekraf  adalah lembaga pemerintah bertugas membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan terkait ekonomi kreatif yang meliputi 16 sub sektor yaitu bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, musik, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio. 

KEYWORD :

Bekraf Jennifer Isaacson NY Now 2018




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :