Jum'at, 19/04/2024 22:59 WIB

7 Hal yang Harus Kamu Hindari Setelah Minum Soju di Korea

Bagi orang Korea, minum alkohol bukan kebiasaan buruk. Mereka melakukan rutinitas itu untuk merayakan kabar baik, menghilangkan penat, stres, dan mengusir rasa bosan.

Minum alkohol (foto: Koreaboo)

Jakarta - Minum alkohol sudah menjadi budaya di Korea Selatan. Setiap minggu sekali, perusahaan umumnya sudah memiliki jadwal khusus untuk berpesta soju, alkohol khas Korea.

Bagi orang Korea, minum alkohol bukan kebiasaan buruk. Mereka melakukan rutinitas itu untuk merayakan kabar baik, menghilangkan penat, stres, dan mengusir rasa bosan.

Kendati alkohol menjadi barang legal, ada beberapa pantangan yang sebaiknya tidak kamu lakukan setelah minum alkohol. Dilansir dari Koreaboo, inilah tujuh pantangan tersebut:

1. Mandi air dingin atau berendam di sauna

Mandi air dingin setelah minum alkohol ternyata dapat menyebabkan suplai glukosa terganggu. Juga dapat membuat pembuluh darah pecah, dan pilek.

Sedangkan mandi uap di sauna berbahaya bagi keseimbangan panas tubuh. Jika tubuh tak mampu mengimbangi, kamu bisa muntah, hilang kesadaran, hingga pingsan.

2. Minum obat

Tak ada gunanya minum obat untuk menetralisir efek mabuk dengan cepat. Malah, obat akan membuat kamu mabuk lebih lama. Jika ingin lekas kembali normal, sebaiknya kamu minum air, jus jeruk, dan minuman lainnya yang mengandung Vitamin C.

3. Tidur di bawah selimut listrik

Bagi penderita jantung dan darah tinggi, menggunakan selimut listrik setelah minum alkohol dapat memicu tekanan darah meningkat dan memperburuk kesehatan. Jika kedinginan, kamu lebih baik minum air hangat.

4. Olahraga

Meski olahraga punya sejuta manfaat, tapi kamu jangan coba-coba berolahraga setelah minum alkohol. Keringat yang diproduksi saat berolahraga akan membuat kamu dehidrasi.

Berenang setelah mabuk pun tak kalah berbahaya. Tubuh dituntut mengeluarkan panas berlebih, sehingga bisa memicu rasa pusing atau pingsan.

5. Minum obat anti-inflamasi

Obat anti-inflamasi bisa menyebabkan infeksi yang serius. Jika ingin meminum pereda demam, kamu seharusnya menggunakan anti-inflamasi non steroid, seperti ibuprofen pada keesokan harinya.

6. Minum kopi atau teh

Perlu diketahui, minum teh setelah mabuk dapat meningkatkan denyut jantung dan berdampak buruk pada ginjal. Sedangkan kopi bisa menimbulkan efek negatif pada liver, karena sifatnya menyerap alkohol.

7. Langsung tidur

Setelah minum alkohol, jangan langsung tidur. Sebaiknya kamu mencuci wajah terlebih dahulu dengan air dingin. Kamu boleh tidur setelah tubuhmu bersih.

KEYWORD :

KPOP Korea Tips Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :