Sabtu, 20/04/2024 13:55 WIB

Rambut Rontok Bikin Perempuan Mati Gaya

Bukan hanya mengganggu penampilan, rambut rontok juga menimbulkan dampak psikologis.

Ilustrasi rambut rontok

Jakarta - Selain faktor genetik yang menjadi penyebab paling umum bagi kerontokan rambut, ada pula faktor-faktor lain yang sangat berkaitan erat dengan keseharian wanita modern di Indonesia.

Dr. Gloria Novelita, SpKK selaku Hair Expert mengatakan terkadang wanita menginginkan kepraktisan, seringkali kita mengikat atau mencepol rambut terlalu kencang sehingga menyebabkan tekanan berlebihan pada folikel rambut, akhirnya rambut mudah rontok.

“Di samping itu, di tengah kesibukan, kadang kita lupa menjaga asupan nutrisi ataupun melakukan aktivitas fisik yang cukup. Hal ini mengakibatkan kulit kepala dan rambut menjadi kekurangan nutrisi yang dibutuhkan serta menghambat sirkulasi darah sehingga pertumbuhan rambut akan terganggu,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Gloria kini wanita semakin dituntut untuk memiliki peranan yang lebih banyak dan beragam. Berbagai tekanan yang mereka temui akhirnya mengakibatkan stres berkelanjutan yang menyebabkan sejumlah besar bagian rambut yang sedang tumbuh mengalami siklus telogen atau fase istirahat, yang tampak sebagai kerontokan rambut. “Jika tidak segera diatasi, rambut yang dalam siklus ini akan dengan mudah rontok saat kita menyisir atau mencucinya,” sambung Gloria.

Bukan hanya mengganggu penampilan, rambut rontok juga menimbulkan dampak psikologis seperti ketidaknyamanan, merasa kurang “cantik”, atau selalu khawatir tentang pandangan orang-orang sekitar.  Akibatnya seorang wanita menjadi lebih pasif dan introvert, baik di tempat kerja maupun lingkungan pergaulan.

Belum lagi, rambut rontok juga membatasi wanita untuk menata rambut dengan bebas – dilema ini juga dihadapi oleh para wanita berhijab, dimana rambut rontok sangat erat kaitannya dengan cara mereka menata hijabnya. Contohnya, bila menggunakan hijab/inner yang terlalu ketat, dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan rambut rontok.

KEYWORD :

Rambut Rontok Kesehatan Perempuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :