Kamis, 20/09/2018 21:12 WIB

Konsumsi Kacang Bantu Pasien Kanker Usus Besar

Asupan kacang juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, sindrom metabolik dan resistensi insulin, kondisi yang sering dikaitkan dengan kanker usus besar.

Kacang almond

Jakarta - Penelitian Temidayo Fadelu mengatakan bahwa pasien yang mengidap kanker usus stadium III secara teratur makan kacang (kacang tahan) kemungkinan besar akan sembuh dari penyakitnya.

Selain itu, asupan kacang juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, sindrom metabolik dan resistensi insulin, kondisi yang sering dikaitkan dengan kanker usus besar.

"Temuan ini sesuai dengan beberapa penelitian observasional lainnya. Manfaatnya sangat banyak, termasuk peningkatan aktivitas fisik, menjaga berat badan, dan menurunkan asupan gula dan minuman manis serta menyembuhkan kanker usus besar," ujar Temidayo Fadelu.

Penelitian ini dilakukan kepada 826 peserta yang diikuti rata-rata 6,5 tahun setelah perawatan dengan operasi dan kemoterapi. Mereka yang mengkonsumsi dua, satu ons kacang setiap minggu memiliki peningkatan 42 hingga 57 persen bisa bertahan hidup lebih lama.

Selain itu, kelangsungan hidup bebas penyakit meningkat sebesar 46 persen di antara subkelompok konsumen kacang yang memakan kacang pohon daripada kacang tanah. Kacang pohon termasuk kacang almond, kenari, hazelnut, kacang mede, dan kemiri.

Dalam studi sebelumnya, kacang ditemukan dapat mengurangi resistensi insulin, yang sering menjadi pendahulu diabetes tipe 2 dan penyakit terkait.

"Studi ini mendukung hipotesis bahwa perilaku yang membuat Anda kurang tahan insulin, termasuk mengonsumsi kacang-kacangan, tampaknya memperbaiki hasil pada kanker usus besar," kata Fuchs. "Namun, kita belum tahu apa sebenarnya kacang itu bermanfaat."

Fuchs mencatat bahwa kacang-kacangan juga dapat memuaskan rasa lapar lebih efektif daripada makanan tidak sehat lainnya. Satu porsi satu ons sekitar 24 kacang almond adalah sekitar 200 kalori, termasuk 14 gram lemak.

TAGS : Kanker Diabetes Kacang




TERPOPULER :