Kamis, 18/04/2024 09:05 WIB

Akhirnya, Masakan Asli Indonesia Bisa Disantap Selama Musim Haji

Masakan asli yang dimaksud ialah hidangan yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu asli Indonesia.

Ilustrasi masakan Indonesia (foto: reseptante)

Jakarta – Masakan asli Indonesia akhirnya bisa dinikmati oleh jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini. Masakan asli yang dimaksud ialah hidangan yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu asli Indonesia.

Berbeda halnya dengan tahun-tahun sebelumnya. Katering untuk jemaah haji biasanya dimasak dengan bumbu yang didatangkan dari India dan Pakistan. Sehingga rasanya tak seperti cita rasa asli Indonesia.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama Prof. Dr. Nizar Ali. Selain mengobati kerinduan jemaah terhadap kampung halaman, penggunaan bumbu asli Indonesia juga diharapkan meningkatkan jumlah ekspor.

Haji ini kan sudah jelas pasarnya. Ada 204.000 jemaah dalam waktu 41 hari. Itu pasti mengonsumsi bumbu masak yang sangat banyak sekali. Tinggal tergantung kesiapan bumbu nasional nanti,” terang Nizar kepada Jurnas.com, Kamis (1/3) di Jakarta.

Lalu, jenis masakan apa yang akan disediakan oleh pemerintah saat musim haji nanti?

Nizar mengatakan tak ada pengkhususan. Bisa jadi sesekali masakan Padang, Sunda, Jawa, dan lain sebagainya, supaya tidak monoton dan membuat jemaah lekas bosan.

“Tergantung nanti tim katering kami memberikan menu makanan apa. Yang jelas, kami mendorong penyelenggara katering memberlakukan bumbu dari Indonesia,” ujarnya.

Pemerintah juga akan melakukan seleksi khusus tim koki tahun ini. Di antaranya pemberlakuan syarat keahlian masak-memasak.

“Jadi nanti ada sertifikasi entah lima hari atau sepuluh hari, yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi yang punya kompetensi di bidang persertifikatan itu,” jelas Nizar.

KEYWORD :

Haji Umrah Kementerian Agama Makanan Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :