Jum'at, 19/04/2024 07:51 WIB

Potensi Zakat Bisa Capai 200 Triliun Rupiah

mengelola dana besar itu dibutuhkan adanya pelatihan-pelatihan agar pengelolaan dana tersebut dapat berjalan dengan baik.
 

Semen Indonsia

Jakarta - Direktur SDM PT Semen Indonesia, Agung Yunanto menilai potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp200 triliun. Namun untuk mengelola dana besar itu dibutuhkan adanya pelatihan-pelatihan agar pengelolaan dana tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Pelatihan Amil Zakat BUMN, untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan zakat di BUMN, karena potensi zakat yang besar lebih dari 200 triliun rupiah, sehingga pelatihan ini mempersiapkan pengelolaan dana zakat yang besar,” ucap Agung Yunanto.

Agung menegaskan, lembaga zakat harus profesional dan kredibel dalam penghimpunan dan pengelolaan dana zakat.

"Pelatihan ini dilakukan untuk memastikan agar amil zakat memiliki standar yang sama dalam bekerja," ujarnya.

Selain itu, tambah Agung, agar pekerjaan yang dilakukan amil bisa dipertanggungjawabkan secara transparan, akuntabel dan mempunyai pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Demi mempersiapkan peningkatan kompetensi amilnya sehingga mampu mengelola zakat dengan amanah, profesional dan tangguh, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan Pelatihan Amil Zakat untuk UPZ BUMN di Gresik, Jawa Timur.

“BAZNAS mengadakan pelatihan ini dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas amil bagi pengurus Unit Pengelola Zakat (UPZ) di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BAZNAS akan selalu mengupayakan untuk seluruh pendistribusian yang disalurkan kepada asnaf zakat dapat dipertanggungjawabkan, transparan, merata dan akuntabel di mata masyarakat,” ujar Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta.

Menurut Arifin, pelatihan ini telah mengikuti standar kompetensi yang disiapkan oleh cikal bakal Lembaga Serfifikasi Profesi (LSF) BAZNAS. "Melalui zakat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menolong sesama," katanya.

Acara ini dihadiri oleh 10 UPZ BUMN dan anak perusahaan PT Semen Indonesia, dengan total peserta 148 orang.

Melalui zakat, lanjut Arifin, BAZNAS ingin memperdaya para mustahik dengan bekal ilmu dalam meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan kehidupan supaya dapat menjadi muzaki.

 

KEYWORD :

Zakat Semen Indonesia Baznas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :