Rabu, 19/09/2018 06:46 WIB

Ini Tips agar Tidur Nyenyak saat Menopause

Periset menyarangkan, agar mengobati dua masalah tersebut untuk membantu mengembalikan tidur bagi wanita yang sedang menopause.

Ilustrasi wanita tidur nyenyak saat menopause

Jakarta - Menopause dapat menimbulkan sejumlah keluhan, termasuk gangguan tidur. Kini, periset mengatakan, perasaa panas di dalam tubuh (hot flashes) dan depresi sangat terkait dengan kenyaman tidur.

Periset menyarangkan, agar mengobati dua masalah tersebut untuk membantu mengembalikan tidur bagi wanita yang sedang menopause.

"Kurang tidur adalah salah satu masalah utama wanita menopause yang berobat dari dokter mereka," kata profesor biosciences komparatif di University of Illinois di Urbana-Champaign, Megan Mahoney.

"Gangguan tidur adalah beban kesehatan yang sangat besar, dan ini sangat membebani kualitas hidup perempuan. Investigasi apa yang mendasarinya sangat penting," kata Mahoney dalam siaran pers universitas.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti menganalisis data dari 776 wanita, berusia 45 sampai 54 tahun, di daerah Baltimore. Setelah mereka sampai tujuh tahun, para peneliti menemukan bahwa hot flashes dan depresi sangat terkait dengan kualitas tidur di semua tahap menopause.

Menurut rekan penulis studi Rebecca Smith, "Ini menunjukkan bahwa ketika menangani masalah tidur, dokter harus bertanya tentang gejala lain yang terkait dengan menopause, terutama mencari tanda-tanda depresi dan bertanya tentang hot flashes."

Smith adalah seorang profesor patobiologi di universitas.

"Gangguan tidur pada menopause adalah bagian dari gambaran yang lebih besar yang harus diperhatikan oleh dokter," tambahnya.

Beberapa berita yang penuh harapan juga muncul dari penelitian ini: Banyak wanita dengan mengalami gangguan tidur dan insomnia selama menopause tidak memiliki masalah tidur sebelum atau sesudah menopause.

"Ini adalah harapan bagi wanita yang merasa tidurnya menurun sejak mereka memasuki masa menopause: Mungkin tidak akan buruk selamanya," kata Smith. "Tidurmu memang berubah, tapi perubahannya tidak permanen."

TAGS : Hot Flashes Menopause Tidur




TERPOPULER :