Sabtu, 22/09/2018 20:24 WIB

Wali Kota Herxheim Tolak Bel Adolf Hitler Dicopot dari Gereja

Anggota dewan mengatakan bel adalah kekuatan rekonsiliasi dan peringatan menentang kekerasan dan ketidakadilan.

Bel di dalam gereja Jakobskirche di Herxheim, Jerman (Ronald Wittek / EPA)

Jakarta - Meski jasad Adolf Hitler sudah di balik tanah 73 tahun yang lalu. Namun, di sebuah desa di barat daya Jerman ternyata masih menyimpan dan mengabadikan lonceng gereja era Nazi yang ditulis dengan nama swastika dan Adolf Hitler.

Dewan Herxheim men-vote 10-3 untuk menolak tawaran untuk mencopot dan mengganti bel gereja Jakobskirche di Herxheim oleh dari gereja Protestan. Anggota dewan mengatakan bel tersebut akan menjadi kekuatan rekonsiliasi dan peringatan menentang kekerasan dan ketidakadilan.

Lonceng seberat 530 pound itu - bertuliskan swastika dan kata-kata "Everything for the Fatherland  (Segalanya untuk tanha air) Adolf Hitler" - akan tetap ada meski ada seruang untuk pemindahannya. Dewan tersebut juga menolak tawaran untuk menanggung biaya memasang bel baru.

Walikota Herxheim, Georg Welker mengatakan khawatir jika bel dikeluarkan,  dan digantung di museum dimana seseorang bisa berdiri di depan bel setiap saat untuk melakukan swafoto.

Bel telah memicu perdebatan mengenai bagaimana Jerman harus menangani citra dan artefak era Nazi. Beberap orang khawatir lonceng perunggu ini akan merusak reputasi gereja, atau keberadaannya akan mendorong kelompok neo-Nazi untuk datang ke desa tersebut.

Mantan walikota, Roland Becker, terpaksa mengundurkan diri tahun lalu setelah ia mengutip seorang wanita setempat yang mengatakan bahwa orang-orang juga harus mengingat Hitler atas hal-hal yang ia capai.

TAGS : Adolf Hitler Georg Welker Jerman Nazi




TERPOPULER :