Kamis, 25/04/2024 14:42 WIB

Eko Yuli Terancam Absen di Asian Games 2018

Pencoretan kelas 62 kilogram itu tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan Asian Weightlifting Federation

Eko Yuli

Jakarta - Lifter andalan Indonesia Eko Yuli Irawan terancam tidak bisa tampil di Asian Games menyusul dicoretnya kelas 62 kilogram dari nomor yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

Pencoretan kelas 62 kilogram itu tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan Asian Weightlifting Federation tertanggal 11 Februari lalu yang ditanda tangani Presiden AWF Mohamed Yousef Almana.

"Kami ingin menyampaikan berdasarkan technical comitte AWF, seluruh anggota telah sepakat untuk mencoret kelas 62 kilogram dari Asian Games 2018,"demikian bunyi surat tersebut.

Wakil Ketua Umum PB PABBSI Joko Pramono Rabu (21/2) ,sangat terkejut dengan keputusan AWF yang telah mencoret kelas 62 kilogram yang merupakan kelas lifter andalan indonesia Eko Yuli Irawan.

Pencoretan ini akan berdampak terhadap target medali indonesia di Asian Games mengingat Eko yuli merupakan lifter yang diharapkan memberikan konstribusi medali emas.

"Memang ada pengurangan kalau di olimpiade Rio ada 8 kelas maka di olimpiade Tokio nanti menjadi 7 kelas," kata Joko Pramono.

Menurut Joko Pramono pengurangan kelas mengacu pada olimpiade Tokio 2020 dimana cabang angkat besi hanya mempertandingkan 7 kelas.Pengrangan itu disebabkan adanya skandal di doping yang terjadi pada Olimpiade Rio 2016.

"Kalau memang harus ada pengurangan mestinya dikelas kelas berat karena yang terlibat skandal doping itu di kelas berat.justru di kelas 62 kilogram tidak ada skandal doping ," kata Joko Pramono .

Joko Pramono lebih lanjut mengemukakan , PB PABBSI sudah melayangkan surat meminta Ketua INASGOC Erick Thohir yang juga Ketua Umum KOI agar Dewan Olimpiade Asia mempertimbangkan kembali pencoretan kelas 62 kilogram.

"Kami dari PB PBBSI berhatap agar Panitia penylenggara Asian Games bisa meloby OCA agar kelas 62 kilogram tetap dipertangingksn di Asian Games 2018 nanti ," demikian Joko Pramono.

KEYWORD :

Kemenpora Asian Games Eko Yuli




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :