Kamis, 25/04/2024 13:56 WIB

Lewat Retina Mata, Google Mampu Prediksi Penyakit Jantung

metodenya sama andal dengan dokter yang melakukan tes darah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal Nature Biomedical Engineering

Ilustrasi Mata (foto: UPI)

Jakarta - Google telah mengembangkan algoritma kecerdasan buatan yang dapat menilai risiko penyakit jantung seseorang dengan melihat retina mereka.

Raksasa teknologi tersebut mengatakan bahwa metodenya sama andal dengan dokter yang melakukan tes darah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal Nature Biomedical Engineering.

Perangkat lunak Google, dikembangkan bersama anak perusahaan teknologi kesehatannya, Verily, menganalisis data, termasuk usia individu, tekanan darah dan aktivitas merokok, untuk menilai risiko tersebut. Karakteristik retina mencakup berbagai fitur, pola, warna, nilai dan bentuk.

"Peringatan untuk ini adalah bahwa hal itu lebih awal, dan kami melatih ini pada kumpulan data yang kecil," kata peneliti utama Google, Lily Peng, kepada proyek ini, kepada USA Today.

"Kami berpikir bahwa keakuratan prediksi ini akan naik sedikit lebih banyak karena kami mendapatkan data yang lebih komprehensif. Menemukan bahwa kita bisa melakukan ini adalah langkah awal yang baik, tapi kita perlu memvalidasi," lanjutnya.

Ilmuwan Google dan ilmuwan Verily di Mountain View, California, menggunakan mesin untuk menganalisa dataset medis dari 284.335 pasien dan memvalidasi dua dataset independen dari 12.026 dan 999 pasien.

"Kami memperkirakan faktor risiko kardiovaskular yang sebelumnya tidak diperkirakan hadir atau dapat diukur dalam gambar retina, seperti usia, jenis kelamin, status merokok, tekanan darah sistolik dan kejadian karsinoma mayor yang merugikan," tulis para peneliti dalam penelitian ini.

"Kami juga menunjukkan bahwa model pembelajaran mendalam yang terlatih menggunakan fitur anatomis, seperti cakram optik atau pembuluh darah, untuk menghasilkan setiap prediksi," tambahnya.

Bagian belakang dinding mata, disebut fundus, berisi pembuluh darah yang mencerminkan keseluruhan kesehatan tubuh.

Dengan akurasi 70 persen, periset Google mampu memprediksi siapa yang memiliki kejadian kardiovaskular (sejenis penyakit jantung) dalam lima tahun terakhir dan siapa yang tidak. Ini sebanding dengan profesional medis yang menggunakan tes darah yang disebut SCORE, yang memiliki tingkat prediksi keberhasilan 72 persen.

Google membuat prediksi tentang tekanan darah, dan algoritma Google lebih memperhatikan pembuluh darah.

"Pengenalan pola dan penggunaan gambar adalah salah satu area terbaik untuk sekarang," kata Harlan M. Krumholz, seorang profesor kedokteran dan direktur Pusat Penelitian dan Evaluasi Hasil Yale.

"Dan ini akan datang dari foto dan sensor dan keseluruhan perangkat yang akan membantu kita memperbaiki pemeriksaan fisik secara mendasar dan saya pikir lebih tepat mengasah pemahaman kita tentang penyakit dan individu dan memasangkannya dengan perawatan."

Selain menilai risiko penyakit jantung, Peng berharap teknologinya bisa diterapkan di daerah lain, bahkan mungkin penelitian kanker.

"Saya sangat gembira dengan penemuan ini," kata Peng. "Kami berharap peneliti di tempat lain akan mengambil apa yang kita miliki dan membangunnya."

Sebagai bagian dari penelitian medisnya, Google mengumpulkan data medis 10.000 orang selama empat tahun.

"Mereka mengambil data karena satu alasan klinis dan mendapatkan lebih dari itu daripada yang kita lakukan saat ini," Luke Oakden-Rayner, seorang peneliti medis di University of Adelaide.

"Daripada mengganti dokter, ini mencoba untuk memperluas apa yang sebenarnya bisa kita lakukan."

KEYWORD :

Google Penelitian Retina Penyakit Jantung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :