Kamis, 21/06/2018 11:35 WIB

Enam Cara Hilangkan Sifat Kekanak-kanakan

Sifat yang seperti itu masih sering kita jumpai pada orang dewasa

Ilustrasi anak-anak (foto: Google)

Jakarta - Walaupun sudah memasuki usia dewasa namun tak jarang yang masih memiliki pola tingkah laku kekanak-kanakan yang manja, egois, tidak mau kalah dan tidak mau mendengarkan saran dari orang lain. Sifat yang seperti itu masih sering kita jumpai pada orang dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Hal itu tentu merupakan sifat yang harus dihilangkan dari dalam diri, pasalnya kita harus mulai berpikir ke depan dan segera menentukan arah hidup karena kita bukan anak-anak lagi. Apalagi sifat seperti itu tentu merugikan orang lain dan diri kita sendiri.

Berikut enam cara jitu untuk menghilangkan sifat kekanak-kanakan di dalam diri dan mengubahnya menjadi sifat dewasa, sebagaimana dilansir Archieves:

Introspeksi Diri
Salah satu cara menghilangkan sifat kekanak-kanakan dalam diri yakni dengan mencoba untuk mengintrospeksi diri mulai dari tingkah laku kita, mungkin kita masih sangat egois dalam banyak hal dan semua kehendak harus selalu dituruti sehingga menyusahkan orang sekitar, sadari semua itu dan buanglah sifat itu jauh-jauh.

Berjanjilah pada Diri Sendiri.
Untuk bisa merubah diri sendiri ke arah yang lebih baik kita perlu kesadaran dan kemauan yang kuat dari dalam diri kita. Jika kita sudah memiliki tekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih dewasa maka berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak lagi bersikap kekanankan serta menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri.

Belajar Bertanggung Jawab
Kita sudah diajarkan dari kecil memiliki sifat ini agar kelak bisa memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang telah kita perbuat. Untuk menjadi dewasa kita harus bisa bertanggung jawab pada diri kita dan perbuatan kita sendiri.

Jangan Bersembunyi Dibalik Masalah
Setiap dari kita pasti akan menghadapi dan memiliki masalah yang harus kita selesaikan. Hadapilah masalah yang kita alami dengan memikirkan jalan keluar yang terbaik, jangan bersembunyi dan lepas tangan terhadap masalah tersebut karena hanya anak-anak yang akan berbuat demikian karena takut dimarahi.

Bersikap Lebih Terbuka.
Agar bisa bersifat lebih dewasa kita harus bersikap terbuka dalam menyikapi banyak hal, kita harus bisa menerima dan mempertimbangkan pendapat, saran dan masukkan dari orang lain.

Jangan Suka Mengeluh.
Orang yang berpikiran dewasa tidak akan mudah mengeluh dalam menjalani kehidupannya, ia akan menerima segala hal dengan lapang dada karena ia tahu ia harus bisa melewati semua yang terjadi dalam kehidupannya dengan baik.

TAGS : Tips Lifestyle Kekanak-kanakan




TERPOPULER :