Jum'at, 19/04/2024 14:42 WIB

Pluto "Dipecat" sebagai Planet, Bocah Ini Kirim Surat ke NASA

Bocah itu ingin NASA mengembalikan status Pluto menjadi sebuah planet.

Jakarta - 12 tahun lalu, Pluto resmi "dipecat" dari susunan tata surya kita. Oleh Internasional Astronomical Union (IAU), mantan planet terkecil yang menempati jarak terjauh dari Matahari itu dianggap planet kerdil, dan hanya dikategorikan sebagai benda langit biasa.

Namun, seorang anak kecil asal Cork, Irlandia tak setuju dengan keputusan IAU. Cara Lucy O`Connor, nama bocah tersebut, mengirim sebuah surat kepada Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) supaya mengembalikan status Pluto menjadi sebuah planet.

Begini isi suratnya dilansir dari Live Science:

Kepada NASA

Namaku Cara Lucy O`Connor. Aku berasal dari Cork, Irlandia. Aku gadis lima tahun yang bersekolah di Junior Infants, Glacheen Girls School. Akhir-akhir ini aku tertarik dengan astronomi, setelah menonton video tentang luar angkasa.

Aku menulis surat ini kepada Anda (dengan bantuan guruku Ibu O`Donovan karena aku masih belajar melafalkan kata), karena aku punya sedikit masalah.

Aku mendengar sebuah lagu yang berakhiran `Bring Pluto Back (kembalikan Pluto), dan aku ingin hal itu benar-benar terjadi. Pluto dipecat pada 2006 lalu. Pluto adalah sebuah planet, dan aku rasa itu adil, tapi menjadi tidak adil jika tak dianggap sebagai sebuah planet.

Sekarang Pluto menjadi planet kerdil (Dwarf). Planet kerdil adalah tipe planet yang tidak cukup besar untuk melihat orbitnya. Beberapa planet kerdil atau katai berada di Sabuk Kuiper, dan di sana terdapat batu dan asteroid berkumpul.

Aku pikir Pluto harusnya menjadi sebuah planet lagi, seperti Merkurius, Venus, Mars, Bumi, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Karena ketika aku menonton sebuah video, aku dengar mereka bernyanyi `Mari bertemu planet-planet`, dan Pluto termasuk di antaranya.

Aku mendengar beberapa lagu tentang Pluto, dan di salah satu videonya ada orang-orang menggunakan pakaian berbeda-beda. Orang yang mengenakan pakaian Pluto dibuang ke tempat sampah, dan ditakut-takuti oleh Bumi. Ini kejam sekali karena tak ada satu planet atau planet kerdil pun boleh dibuang ke tempat sampah.

Aku berharap NASA kembali mengubah pikiran dan menjadikan Pluto sebagai planet lagi. Ketika aku berusia enam tahun nanti, aku berharap dapat menemukan planetku sendiri, sehingga aku dapat mengunjungi semua planet itu, termasuk Pluto. Aku bercita-cita suatu hari akau akan menjadi astronot, dan bekerja untuk NASA. Tapi Anda harus menyelesaikan masalah ini terlebih dahulu.

Aku akan sangat berbahagia jika Anda membalas surat ini secepatnya.

Terima kasih banyak

Cara Lucy O`Connor

KEYWORD :

Pluto Planet Astronomi Unik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :