Jum'at, 19/04/2024 23:34 WIB

Ada Garis Aneh di Mars, Ilmuwan Bingung

Garis serupa sama dengan formasi bebatuan yang ada di Bumi.

Batuan di Mars (foto: NASA)

Jakarta - Sebelum merayakan hari ke-5000 di Mars, pesawat luar angkasa Opportunity (rover) menangkap sebuah garis unik dan aneh di planet merah tersebut. v

Garis bebatuan itu, menurut keterangan Opportunity terlihat saat tim melihat saluran Perseverance Valle di Mars dari sebuah titik yang jauh.

"Kami tidak tahu pasti, karena tak pernah ditemukan oleh penjelajah Mars sebelumnya. Yang terlihat cuma gari bebatuan," ternag penelitia utama Ray Arvidson.

Dilansir dari IB Times, garis bebatuan yang terbentuk memiliki formasi yang sangat baik, dan nampaknya terdiri dari campuran partikel tanah dan kerikil. Bebatuan ini mirip dengan garis batu yang umumnya terdapat di lereng gunung di Bumi.

Bahkan, badan luar angkasa Opportunity juga menampilkan kesamaan garis-garis batu Mars dengan formasi yang terlihat di sisi gunung vulkanik Muna Kea di Hawaii.

Di Bumi, penampakan seperti ini biasanya terbentuk karena pembekuan dan pencairan tanah basah. Namun untuk Mars hingga saat ini belum diketahui secara jelas, apakah berasal dari miliaran tahun yang lalu, atau baru-baru ini.

Arvidson menduga, garis-garis itu kemungkinan besar terbentuk pada saat tumpuan salju dikumpulkan di planet ini.

"Ketika meleleh, maka akan melembabkan tanah, kemudian siklus pembekuan mencair mengorganisir batu-batu kecil menjadi haris-garis," tuturnya.

KEYWORD :

Penelitian Garis Bumi Mars




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :