Kamis, 25/04/2024 04:57 WIB

Ini 7 Istilah Rahasia Pilot yang Mesti Kamu Ketahui

Pernahkah kamu mendengar kalimat yang diucapkan oleh pilot, selain mengenalkan dirinya sendiri?

Pilot pesawat terbang (foto: Business Insider)

Jakarta - Bagi kamu yang terbiasa menggunakan pesawat terbang untuk bepergian, pernahkah kamu mendengar kalimat yang diucapkan oleh pilot, selain mengenalkan dirinya sendiri?

Ya, sudah pasti. Karena setelah sang pilot mengenalkan diri, akan terdengar ungkapan-ungkapan singkat dalam bahasa Inggris, yang asing untuk dipahami.

Nah, seorang blogger sekaligus mantan pilot maskapain penerbangan, Patrick Smith menerangkan beberapa istilah tersebut. Apa saja?

1. "Doors to arrival and crosscheck"

Kalimat ini biasanya diucapkan oleh pilot, ketika sudah memastikan pesawat mendarat dengan sempurna, dan tangga yang akan digunakan oleh penumpang sudah terpasang dengan baik. Dan, pintu pun terbuka.

2. "All-call"

`All-call` diucapkan satu paket dengan kalimat sebelumnya. Jadi, ketika sudah sampai di pintu kedatangan, pilot akan mengatakan, "doors to arrival, crosscheck and all-call." All-call artinya semacam laporan pramugari kepada pihak bandara melalui sambungan telepon.

3. "Holding pattern"

Adakalanya lalu lintas udara terlalu sibuk, sehingga pesawat mau tak mau harus mengantri lebih lama dari jadwal yang telah ditetapkan. Holding pattern diucapkan pilot ketika adanya penundaan karena cuaca atau lalu lintas udara di landasan pacu.

4. "Flight level"

Setiap pesawat memiliki tingkat ketinggian tertentu selama penerbangan. Hal ini dilakukan demi menghindari adanya kecelakaan saat di udara. Flight level bermaksud memberi tahu ketinggian pesawat kepada penumpang.

5. "Last minute paperwork"

Sebelum terbang, seorang pilot diharuskan menyelesaikan beberapa dokumen lho. Dokumen ini biasanya berisi revisi rencana penerbangan, berat beban pesawat, dan keseimbangan pesawat. `Last minute paperwork` berarti penundaan sementara untuk menyelesaikan dokumen.

6. "Ground stop"

`Ground stop` berarti suatu keberangkatan pesawat terbang dibatasi oleh tower pengatur lalu lintas udara (air traffic control).

7. "Final approach"

Nah, ketika pilot mengucapkan kalimat ini, tandanya kamu sudah dekat dengan landasan pacu, dan akan segera mendarat. `Final approach` juga berarti sudah tak ada penundaan untuk mendarat lagi.

KEYWORD :

Unik Penerbangan Pilot Istilah Maskapai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :