Senin, 16/07/2018 17:44 WIB

Arkeolog Temukan Tulisan Tertua di Dunia

Tulisan ini dianggap sebagai salah satu sistem penulisan paling awal di dunia.

Vinca di keramik purbakala (foto: IBT)

Jakarta - Sekumpulan arkeolog telah menemukan tulisan kuno berusia 7.000 tahun, di Nova Zagora, Bulgaria. Tulisan ini dianggap sebagai salah satu sistem penulisan paling awal di dunia.

Penemuan itu berawal pada Oktober 2017, ketika periset Museum Sejarah Nasional Bulgaria juga menemukan ubin keramik yang terawat baik, yang berasal dari abad 6 SM. Keramik tersebut menampilkan simbol yang dikenal dengan tanda Vinca.

Simbol di piring atau Vinca merupakan salah satu bentuk prototype tulisan paling awal di dunia. Dan diasumsikan pula sebagai tulisan tertua di Eropa.

Dilansir dari IB Times, Vinca juga kemungkinan diciptakan oleh budaya Vinca yang terletak di Eropa tengah, selatan, dan timur, pada zaman neolitikum, antara tahun ke-6 atau ke-5 sebelum masehi (SM).

Contoh pertama dari simbol misterius ini ditemukan oleh arkeolog Hungaria pada 1875 di Turdas, Romania. Sedangkan penggalian lebih lanjut di Serbia dekat Vinca, juga mengungkapkan tembolok serupa.

Sejak saat itu, ribuah fragmen dengan prasasti serupa telah ditemukan di seluruh wilayah. Baik itu simbol mirip hewan dan tanda abstrak, salib, swastika, hingga chevron.

Penemuan tulisan tertua yang dikenal dengan tablet Tartaria ditemukan pada 1961. Tulisan itu menjadi kontroversi besar, terutama karena dinilai berasal dari 5300 SM. Tulisan ini dikenal sebagai tulisan yang pertama kali ada di dunia.

TAGS : Unik Arkeologi Fosil Tulisan




TERPOPULER :